Ilmu Kalam

PESAN PENTING :
Instal/Pasang dulu dihatimu Al-Qur'an dan Hadist dengan cara mempelajari dan memahaminya, baru mencoba menalar sejauh yang bermanfaat dan diperkenankan olehNya dan mohonlah petunjukNya !
Kekeliruan Ilmu Kalam
PENTINGNYA ILMU KALAM (TEOLOGI)
FILSAFAT TAUHID MODERN
PENGANTAR ILMU KALAM
Abdul Muid Nawawi
Kata Orang
¨  Tidak ada suatu cabang ilmu yang di dalamnya paling banyak pertentangan dan paling banyak perbedaan pendapat selain Ilmu Kalam (Hassan Hanafi)
¨  Ilmu Kalam tidak memuaskan orang pintar dan tidak memberi manfaat kepada orang bodoh (Hassan Hanafi)
¨  Setiap orang yang ingin menyelami seluk-beluk agamanya secara mendalam, perlu mempelajari teologi yang terdapat dalam agama yang dianutnya (Harun Nasution)
Skema Ilmu Kalam

Penamaan Ilmu Kalam
Ada beberapa untuk ilmu ini:
¨  Ilmu Kalam
¨  Ilmu Ushuluddin
¨  Ilmu Tauhid
¨  Ilmu Akidah
Ilmu Ushuluddin
¨  Ushûl jamak dari ashl = dasar. Karena itu, ushûl al-dîn = dasar-dasar agama.
¨  Dalam Islam, yang paling mendasar adalah syahadat yang mencakup Allah Swt. dan Nabi Muhammad Saw. Karena itu, Ilmu Ushuluddin mendalami segala hal tentang Allah dan Muhammad.
Ilmu Tauhid
¨  Tawhîd berasal dari kata wahhada yang artinya mengesakan. Tawhîd artinya pengesaan. Karenanya, Ilmu Tauhid adalah ilmu yang membahas segala hal tentang Allah Swt. dalam rangka mengesakan-Nya.
Ilmu Aqaid/Aqidah
¨  `Aqâ’id adalah jamak dari `aqîdah yang artinya dogma. Karena itu, Ilmu Akidah adalah ilmu yang mempelajari dogma-dogma Islam.
Ilmu Kalam
¨  Kalâm adalah salah satu bahasan dari Ilmu Kalam.
¨  Kalâm berarti pembicaraan yang bukan pembicaraan, tetapi pembicaraan yang menggunakan logika. Ia adalah sebuah metodologi berfikir atau metodologi dialog. Karenanya, lebih tepat diartikan diskusi, alasan, atau debat.
¨  Kalâm berasal dari kata “kalm” yang berarti luka atau cacat karena berpegang pada argumen rasional daripada wahyu. Karena itu, ada yang terasa kurang.
¨  Dinamakan kalâm karena mempelajari ilmu ini harus dengan kalam dan para pakarnya disebut mutakallimûn.
Lahirnya Ilmu Kalam
Ilmu Kalam lahir dalam tradisi intelektual. Tradisi intelektual adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat beragama untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan akal dalam masyarakat tertentu dan mencoba menyelaraskan hubungan antara akal dengan apa yang disebut wahyu
(Muhsin Mahdi)
¨  Ilmu Kalam erat kaitannya dengan lahirnya skisme dalam Islam. Karenanya, asal mula persoalan Kalam bisa ditelusuri hingga terbunuhnya Khalifah III Utsman bin Affan (Fitnah Kubrâ).
¨  Awal mula pemikiran kalâm adalah pertanyaan tentang siapa yang berhak memimpin (persoalan politik)

PERSOALAN POLITIK
¨  KHAWARIJ
¨  SYIAH
¨  MURJIAH
PERSOALAN TEOLOGIS MURNI
QADARIAH =  MA`BAD AL-JUHANI
JABARIAH = JAHM BIN SHAFWAN
Dll
Lahirnya Ilmu Kalam
¨  Ilmu Kalam benar-benar dianggap lahir pada masa Mu`tazilah karena dialah yang pertama kali berupaya mensistematisasikan doktrin agama dalam kerangka tawhîd dan `adl.
¨  Namun sebagai sebuah ilmu yang berdiri sendiri, Ilmu Kalam baru lahir setelah adanya pertemuan Islam dengan budaya Yunani (Hellenisme)
Tema-Tema Ilmu Kalam
¨  Otoritas dan legitimasi politik
¨  Posisi pendosa
¨  Otonomi kehendak
¨  Sifat Allah
Cara Kerja Ilmu Kalam
¨  Rasionalisme sejati adalah rasionalisme yang memahami dan menerima fakta mengenai keberadaan segala sesuatu yang tidak benar-benar rasional, dan inilah rasionalisme yang menjadi inti filsafat Islam.
¨  Neoplatonisme adalah bagasi intelektual yang datang melalui pemikiran Yunani, Syriak, Kristen, dan Yahudi dan mencoba untuk memberi ruang bagi Tuhan di luar akal.
¨  Neoplatonisme juga yang memberikan gagasan bahwa Tuhan itu aktif, bukan hanya fikiran dan logos (firman). Dia bertindak dan menyebabkan benda-benda ada.







Tidak ada komentar: