Orang Hebat

Alkisah, ada seorang pria tua yang bijaksana tinggal di gunung. Setiap kali warga desa memiliki masalah, mereka akan memanjat gunung dan meminta nasihat kepada orang tua itu.
Suatu hari seorang pemuda memutuskan untuk naik gunung dan bertanya pada orang tua itu.
“Orang bijaksana,” tanya pemuda itu, “Apa yang membuat seorang pria benar-benar hebat?”
Orang tua itu memandangnya dan berkata, “Apakah Kau sungguh-sungguh ingin tahu?”
“Ya, ya, ya!” jawab pemuda itu.
Orang bijak itu berkata, “Mari saya ceritakan sebuah kisah.”
“Ada seorang pria Yunani yang menderita penyakit mematikan. Mengetahui bahwa ia akan segera mati, ia pun bergabung dengan tentara ketika negaranya dalam pertempuran dengan musuh. Berharap mati dalam pertempuran, ia bertarung di garis depan, membiarkan dirinya terkena tembakan musuh tanpa khawatir akan hidupnya. Akhirnya mereka memenangkan pertempuran dan pria itu masih hidup. Jenderalnya sangat terkesan akan keberaniannya yang memberikan andil banyak untuk kemenangan.
Jenderal itu memutuskan mempromosikan pria itu dan memberikan penghargaan dengan medali keberanian dan kehormatan. Pada saat pemberian penghargaan, pria itu sangat sedih. Setiap orang bertanya mengapa dan pria itu pun memberitahu penyakit mematikan yang diidapnya.”
Jenderal itu pun berpikir, bagaimana mungkin aku membiarkan seorang prajurit hebat akan mati? Jadi, mereka memanggil dokter terbaik dan akhirnya pria itu pun sembuh.
Sejak hari itu dan seterusnya, prajurit gagah berani itu tidak lagi terlihat di depan. Ia akan selalu menghindari bahaya dan mencoba yang terbaik untuk menghindari bahaya dan melindungi hidupnya.
“Anak muda,” orang bijak itu berkata, “jika Anda ingin menjadi benar-benar hebat, Anda tidak harus takut mati, Anda harus berani.”

Tidak ada komentar: