SOAL DAN JAWABAN UKG - UJI KOMPETENSI GURU PAUD


1)
Perkembangan motorik adalah

 


A.
Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh


B.
Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubu


C.
Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot (Correct Answer)


D.
Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh
yang dikontrol otak



2)
Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian
yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah

 


A.  Cerebral cortex



B.  Batang otak



C.  Cerebellum (Correct Answer)



D.  Basal ganglia



3)
Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun

 


A.
Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)


B.
Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) (Correct Answer)


C.
Menggambar garis lurus


D.
Menggambar coret-coretan



4)
Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
 

A.
Melompat-lompat dengan kaki bergantian (Correct Answer)

B.
Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir

C.
Melompati parit

D.
Melompat dengan satu kaki

5)
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 

A.
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh (Correct Answer)

B.
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya

C.
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan
tumbuh kembang otak

D.
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan

6)
Perkembangan sosial adalah
 

A.
Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok

B.
Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial

C.
Belajar bergaul dengan orang lain atau anak

D.
Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial (Correct Answer)

7)
Proses sosialisasi adalah
 

A.
Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial

B.
Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial

C.
Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial (Correct Answer)

D.
Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima

8)
Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?
 

A.
Orang yang menginginkan kehadiran orang lain (Correct Answer)

B.
Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat

C.
Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain

D.
Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi

9)
Mengapa   keluarga   mempunyai   peran   penting   dalam   proses sosialisasi anak?
 

A.
Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan
pertama dan utama (Correct Answer)

B.
Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya

C.
Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya

D.
Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara
tatap muka dan relatif tetap

10)
Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan
batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
 

A.
Pengasuhan permissive-indulgent

B.
Pengasuhan otoritatif (Correct  Answer)

C.
Pengasuhan permissive-indefferent

D.
Pengasuhan otoriter

11)
Emosi menurut Goleman adalah
 

A.
Perasaan yg ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta

B.
Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih

C.
Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis
dan perilaku yang tidak tampak

D.
Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan
psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (Correct Answer)

12)
Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan
kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
 

A.
Pengaturan (regulation)

B.
Komunikasi (communication) (Correct Answer)

C.
Kelangsungan hidup (survival)

D.
Penyesuaian diri (adaptation)

13)
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
 

A.
Faktor keturunan dan lingkungan

B.
Faktor bawaan dan pendidikan

C.
Faktor kematangan dan belajar (Correct Answer)

D.
Faktor intelektual dan sosial

14)
Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan
mengalami emosi
 

A.
Marah (Correct Answer)

B.
Gembira atau senang

C.
Sedih

D.
Takut

15)
Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas
perkembangan emosi anak berusia
 

A.
5 tahun

B.
5 tahun 6 bulan (Correct  Answer)

C.
4 tahun

D.
4 tahun 6 bulan

16)
Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi 
dengan dunia sekitar disebut

 


A.
Strukturalisme


B.
Konstruktivisme (Correct  Answer)


C.
Behaviorisme


D.
Progressivisme

17)
Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
 

A.
Praoperasional (Correct Answer)

B.
Formal operasional

C.
Konkrit operasional

D.
Sensorimotor

18)
Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata 
(struktur kognitif) anak adalah
 

A.
Ekuilibrium

B.
Akomodasi

C.
Adaptasi

D.
Asimilasi (Correct Answer)

19)
Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya,
berada dalam rentang usia
 

A.
4-5 tahun

B.
2-3 tahun  

C.
3-4 tahun

D.
5-6 tahun (Correct Answer)

20)
Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
 

A.
Mengajar membaca, menulis dan berhitung (Correct Answer)

B.
Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam
berbagai aktivitas pembelajaran

C.
Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah

D.
Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar

21)
Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
 

A.
Mendengarkan orang dewasa berbicara

B.
Meniru ucapan orang dewasa

C.
Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa
mereka (Correct Answer)

D.
Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)

22)
Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks
komunikatif adalah
 

A.
Morfologi

B.
Fonologi

C.
Semantik

D.
Pragmatik (Correct Answer)

23)
Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
 

A.
Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat

B.
Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata

C.
Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau
kombinasi beberapa kata

D.
Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran,
dan susunan suku kata (Correct Answer)

24)
Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
 

A.
Sosiokultural

B.
Genetik (Correct Answer)

C.
Behavioristik

D.
Konstruktivistik

25)
Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice)
yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap
perkembangan anak adalah
 

A.
Membuat lingkungan yang saling asuh

B.
Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak

C.
Menyusun kurikulum yang sesuai

D.
Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis
(Correct Answer)

26)
Yang tidak termasuk kreativitas adalah
 

A.
Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja
yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya

B.
Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya
perangkuman Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur,
dan linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan
human

C.
Salah satu unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan
tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata

D.
Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi
persoalan Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat
prosedural/metodologis (Correct Answer)

27)
Pengembangan kreativitas akan berhasil jika
 

A.
Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca,
menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan

B.
Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat 
akademis

C.
Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam
mengembangkan kedua belahan otak (Correct Answer)

D.
Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk 
berekspresi

28)
Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
 

A.
Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam
dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya

B.
Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian
terhadap suatu masalah

C.
Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat
objektif dalam penilaian karyanya

D.
Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak
kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga
merasakan kegembiraan yang luar biasa (Correct Answer)

29)
Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
 

A.
Pribadi

B.
Proses

C.
Pendorong

D.
Prosedur (Correct Answer)

30)
Salah satu kegiatan awal dalam KBM adalah
 

A.
Menyanyi

B.
Berdo'a (Correct Answer)

C.
Menggunting

D.
Mewarnai


31)
Anak usia dini adalah pembelajar yang aktif, artinya ...............
 

A.
anak tidak dapat duduk diam dalam jangka waktu lama

B.
melalui interaksi dengan pengalamannya sehari-hari, anak terus belajar (Correct Answer)

C.
anak sudah siap untuk belajar secara formal

D.
pendidik cukup mengawasi keaktifan anak saat belajar

32)
Anak usia 3-3,5 tahun sudah mulai tertib untuk menunggu antrian. Ini merupakan salah satu
karakteristik perkembangannya pada aspek ..............
 

A.
kesadaran diri

B.
sosialisasi (Correct Answer)

C.
kognisi

D.
kestabilan emosi

33)
Pada masa prasekolah, anak memerlukan suasana yang bersahabat (child friendly environment)
karena ...............
 

A.
anak akan memasuki dunia selain keluarga

B.
dunia sekolah adalah dunia sahabat anak

C.
lingkungan yang bersahabat akan mengakibatkan anak dapat menyesuaikan diri
dengan lingkungan selain keluarga (Correct Answer)

D.
masa prasekolah adalah masa yang paling sulit

34)
Bagian otak yang mengatur untuk bertahan hidup dan memproses informasi yang masuk
melalui pancaindra adalah otak ..............
 

A.
limbik

B.
pikir

C.
lembek

D.
primitif (Correct Answer)

35)
Sampai dengan usia anak 6 bulan, ia belum terampil mengontrol gerak tubuhnya, hal ini
disebabkan karena ...............
 

A.
sel sarafnya masih terlalu sedikit

B.
sel sarafnya belum mencapai kematangan (Correct Answer)

C.
tidak terjadi komunikasi antar otak dengan anggota tubuh

D.
belum matangnya fungsi anggota tubuh anak

36)
Fungsi utama otak kecil adalah .............
 

A.
menjaga keseimbangan tubuh (Correct Answer)

B.
menyimpan memori

C.
menyampaikan informasi ke panca indra

D.
menjaga imunitas

37)
DAP atau Developmentally Appropriate Practice adalah rekomendasi dari NAEYC
tentang praktik pendidikan anak usia dini yang harus disesuaikan dengan ................
 

A.
kurikulum lembaga

B.
perkembangan anak (Correct Answer)

C.
ketersediaan dana

D.
kualifikasi pendidik

38)
Konsep DAP berdasarkan tiga dimensi utama kesesuaian di bawah ini, kecuali sesuai dengan ....
 

A.
usia anak

B.
individu anak

C.
lingkungan sosial

D.
kurikulum nasional (Correct Answer)

39)
Menurut DAP, perencanaan kurikulum yang tepat untuk anak usia dini terutama harus
didasarkan pada, kecuali ........
 

A.
hasil pengamatan pendidik

B.
catatan perkembangan anak

C.
wawancara dengan orang tua

D.
hasil tes potensi akademik anak (Correct Answer)

40)
Sesuai dengan prinsip DAP tentang interaksi anak dengan pendidik, pendidik perlu
memfasilitasi anak dalam menyelesaikan tugasnya melalui cara, kecuali ...............
 

A.
memfokuskan perhatian pada anak

B.
memotivasi anak untuk melakukan coba ralat

C.
memberikan contoh yang sangat terperinci untuk ditiru anak (Correct Answer)

D.
memberikan kata-kata semangat

41)
Jika sistem limbik pada otak manusia menerima persepsi yang berupa ketakutan, ancaman
atau kesedihan maka bagian otak yang akan memegang kendali adalah ...............
 

A.
korteks

B.
otak kanan

C.
batang otak (Correct Answer)

D.
otak kiri

42)
Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik kasar anak usia 3 tahun
antara lain adalah ...........
 

A.
naik sepeda roda tiga (Correct Answer)

B.
mendengarkan puisi diiringi musik

C.
membangun menara dari balok-balok

D.
makan siang bersama

43)
Dua kemampuan motorik manusia yang nyata dan tidak tampak saat bayi baru lahir adalah .....
 

A.
menendang dan menghisap jari

B.
berjalan dan mencengkeram (Correct Answer)

C.
mengangkat kepala dan menggoyangkan tangan

D.
menggoyangkan tangan dan jungkir balik

44)
Perintah pada kemahiran pada keterampilan motorik yang memperlihatkan kemajuan dalam
kemampuan untuk menggerakkan secara sengaja dan tepat, didefinisikan sebagai aktivitas .....

 


A.
kemampuan gerak


B.
kinerja motorik


C.
keterampilan tubuh


D.
gerakan motorik (Correct Answer)


45)

Berikut ini beberapa keterampilan motorik anak usia 3-4 tahun, kecuali ...........
 

A.
merangkak dan merayap lurus ke depan

B.
lari berjingkat dengan satu kaki (Correct Answer)

C.
meremas kertas

D.
melompat dengan satu kaki


46)
Pertumbuhan fisik-motorik mempunyai arah yang disebut dengan pola perkembangan,
yang terdiri dari hal berikut ini, kecuali pertumbuhan dari ..............
 

A.
kanan ke kiri (Correct Answer)

B.
atas ke bawah

C.
tengah tubuh ke luar

D.
kasar ke halus

47)
Semua perubahan dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak merupakan proses
yang dijalankan secara bersamaan dan berhubungan dengan perkembangan .............
 

A.
potensi

B.
kemampuan

C.
belajar

D.
motorik (Correct Answer)

48)
Pendidik sebaiknya tidak membandingkan tingkat penguasaan terhadap suatu keterampilan
antara anak yang satu dengan yang lainnya, hal ini karena setiap anak memiliki perbedaan,
kecuali ...........
 

A.
pola perkembangan (Correct Answer)

B.
kesiapan belajar

C.
kesempatan belajar

D.
tempo perkembangan

49)
Cara anak mempelajari keterampilan motorik yang akan dapat menghasilkan penguasaan
yang lebih baik adalah apabila anak belajar dengan cara ...............
 

A.
meniru

B.
pelatihan (Correct Answer)

C.
coba dan ralat

D.
bimbingan teman sebaya

50)
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi keadaan darurat adalah mencari
tahu tanda-tanda yang mungkin muncul, tujuannya adalah .............
 

A.
membuat aturan agar tidak terjadi keadaan darurat (Correct Answer)

B.
mengetahui dengan segera ketika hal tersebut muncul)

C.
melindungi anak agar tidak mengalami kejadian yang dapat menyebabkan keadaan darurat

D.
dapat menangani sendiri keadaan darurat yang terjadi


51)

Dasar fungsi hidup yang membantu suatu organisme beradaptasi dengan lingkungannya
adalah pengertian dari .........
 

A.
kognitif

B.
inteligensi (Correct Answer)

C.
ZPD

D.
scaffolding

52)
Menurut Piaget jika anak ingin mengetahui sesuatu, mereka harus .............
 

A.
membangun (construct) pengetahuan tersebut sendiri (Correct Answer)

B.
mendapat bimbingan orang tua  

C.
bekerja dalam kelompok kolaboratif

D.
mendapatkan pijakan (scaffolding)


53)

Yang tidak termasuk dalam skema kognitif Piaget adalah skema .............
 

A.
perilaku

B.
simbolik

C.
praoperasional (Correct Answer)

D.
operasional

54)
Proses penyesuaian kepada tuntutan lingkungan disebut ..............
 

A.
adaptasi (Correct Answer)

B.
organisasi

C.
akomodasi

D.
asimilasi

55)
Piaget meyakini bahwa urutan tahap-tahap intelektual adalah tetap atau ........
 

A.
skematis

B.
invariant (Correct Answer)

C.
refleksif

D.
sirkular

56)
Menurut Lev Vygotsky, kognisi manusia meskipun seseorang berada dalam isolasi, bersifat ....
 

A.
eksploratif

B.
eksklusif

C.
sosiokultural (Correct Answer)

D.
inisiatif

57)
Menurut Vygotsky, beberapa penemuan penting yang dibuat anak, muncul di dalam konteks ...
 

A.
eksplorasi

B.
individual

C.
discovery

D.
kolaborasi (Correct Answer)

58)
Serangkaian tugas yang terlalu rumit untuk dikuasai sendiri tetapi dapat dikuasai dengan
panduan dan dorongan dari orang yang lebih ahli, disebut dengan istilah ...........
 

A.
scaffolding

B.
ZPD (Correct Answer)

C.
cooperation

D.
collaboration

59)
Berikut ini yang bukan merupakan implikasi teori Piaget adalah ............
 

A.
sesuaikan pendidikan dengan kesiapan anak untuk belajar

B.
sensitiflah terhadap perbedaan individual  

C.
laksanakan pendidikan berdasarkan penemuan

D.
gunakan pendekatan belajar kolaboratif (Correct Answer)

60)
Kurikulum yang dirancang berdasarkan teori Piaget lebih mementingkan .............
 

A.
kegiatan kelompok

B.
perbedaan individual (Correct Answer)

C.
collaborative learning

D.
learning by guidance

61)
Piaget tidak setuju kepada pembelajaran yang ...........
 

A.
memberi kesempatan siswa untuk melakukan penelitian sendiri

B.
menyediakan pengalaman belajar yang tidak terlalu sulit

C.
bersifat verbal dan membuat anak pasif (Correct Answer)

D.
memungkinkan anak membangun pengetahuan baru

62)
Pembelajaran yang disarankan Vygotsky lebih menekankan pada ..............
 

A.
kegiatan yang disusun untuk dilaksanakan secara individu

B.
penelitian dan penemuan hal-hal baru oleh anak

C.
keterlibatan anak yang terbimbing oleh guru (Correct Answer)

D.
persaingan antar individu yang memacu prestasi

63)
Mengonsepkan ciri-ciri benda dengan menggunakan kategori warna, bentuk atau ukuran,
menggunakan abstraksi ............
 

A.
sensori motor

B.
kognisi

C.
reflektif

D.
empiris (Correct Answer)

64)
Kemampuan mengonsep angka menggunakan abstraksi ..........
 

A.
sensori motor

B.
kognisi

C.
reflektif (Correct Answer)

D.
empiris

65)
Pada abstraksi empiris, anak terpusat pada ............
 

A.
konsep diri

B.
satu ciri benda (Correct Answer)

C.
simbol-simbol angka

D.
pemikiran yang lebih matang

66)
Salah satu contoh abstraksi reflektif adalah konsep ............
 

A.
matematika (Correct Answer)

B.
warna

C.
ukuran

D.
bentuk segitiga

67)
Pertama kali bayi mendengar suara, ia lebih tertarik pada ...............
 

A.
suara orang dewasa yang ia kenal (Correct Answer)

B.
suara ibunya daripada suara ayahnya  

C.
kecepatan dan tingkat kekerasan suara orang dewasa

D.
kelembutan suara yang dapat menentramkannya

68)
Toddler mempelajari tentang bagaimana cerita dibuat dengan cara ...............
 

A.
berdiskusi dengan orang dewasa

B.
mendengarkan cerita-cerita baru

C.
mendengarkan cerita berulang-ulang (Correct Answer)

D.
membaca bersama orang dewasa

69)
Sebelum anak usia TK dapat membaca tulisan, ia bergantung pada ..............
 

A.
bantuan orang dewasa

B.
ingatan mengenai cerita dan gambar (Correct Answer)

C.
bentuk-bentuk huruf vokal

D.
bentuk-bentuk huruf konsonan

70)
Apabila kita hendak berpartisipasi dalam permainan pura-pura dengan anak, yang perlu kita
perhatikan adalah ....................
 

A.
jangan lupa memperkenalkan tokoh-tokoh

B.
jangan membuat cerita yang terlalu panjang

C.
jangan mendominasi permainan (Correct Answer)

D.
jangan membiarkan anak berkreasi semaunya

71)
Anak-anak usia 18 bulan sampai 3 tahun berada pada tahapan perkembangan menggambar
yang disebut dengan .................
 

A.
pre-schematic stage

B.
scribble (Correct Answer)

C.
schematic stage

D.
schematic scribble

72)
Berikut ini adalah beberapa penyajian seni 2 dimensi, kecuali ..............
 

A.
painting

B.
assemblage (Correct Answer)

C.
cutting

D.
collage

73)
Anak-anak senang membuat kegaduhan dan selalu mencoba dengan melakukan manipulasi
terhadap peralatan rumah tangga untuk membuat berbagai bunyi. Hal tersebut
menggambarkan bahwa anak-anak memiliki ...............
 

A.
kemampuan mencipta lagu yang baik

B.
rasa ingin tahu yang besar (Correct Answer)

C.
keisengan yang tidak terkendali

D.
kecenderungan untuk merusak benda-benda

74)
Kegiatan musik akan membantu anak-anak mengembangkan beberapa aspek, diantaranya
adalah ............
 

A.
membantu mengelola perasaan anak (Correct Answer)

B.
menyiapkan masa depan anak

C.
melatih vokal anak agar sempurna

D.
membantu anak menguasai alat musik

75)
Dalam mengembangkan fisik anak faktor yang sangat menentukan, antara lain ...........
 

A.
intervensi

B.
kematangan (Correct Answer)

C.
peralatan

D.
pelatihan

76)
Pengertian moral adalah .............
 

A.
kebiasaan yang dilakukan seseorang

B.
baik buruknya manusia sebagai manusia (Correct Answer)

C.
akhlak mulia

D.
upaya guru untuk membiasakan anak didik berperilaku baik

77)
Kecerdasan moral adalah kecerdasan anak yang ...............
 

A.
mengarahkan anak untuk mengontrol diri dengan kuat

B.
membuat anak ingin berbuat semaunya sendiri

C.
membuat anak suka belajar

D.
mengarahkan anak untuk menjadi baik, dan lembut hati (Correct Answer)

78)
Kesadaran akan benar atau salah mengacu pada pengertian ............
 

A.
etika

B.
karakter

C.
nilai

D.
moralitas (Correct Answer)

79)
Penyusunan SKH untuk TK dalam rangka pengembangan moral anak perlu mengacu pada ......
 

A.
acuan dari kepala sekolah

B.
keinginan guru

C.
kurikulum yang telah disusun dalam SKM (Correct Answer)

D.
kebutuhan anak

80)
Yang perlu diperhatikan orang tua saat membantu mengembangkan kemampuan
sosial emosional anak adalah ................
 

A.
orang tua bertindak sebagai teman atau menjadi guru

B.
mengizinkan anak untuk merasakan rangkaian emosi

C.
menjelaskan perasaan yang dirasakan orang tua di depan anak-anak

D.
mengajak anak berdiskusi dan mempraktikkan dengan teman-temannya tentang
apa yang dia rasakan (Correct Answer)

81)
Serangkaian proses pendidikan yang dilaksanakan secara terencana untuk mencapai
hasil belajar disebut ................
 

A.
pola pendidikan terpadu

B.
proses transfer ilmu pengetahuan

C.
rancangan pembelajaran

D.
kegiatan pendidikan (Correct Answer)

82)
Masa di mana suatu potensi muncul dan merupakan saat terbaik untuk mengoptimalkan
potensi tersebut masa ...............
 

A.
egosentris

B.
peka (Correct Answer)

C.
kritis

D.
eksplorasi

83)
Andi merasa dia selalu benar dan semua keinginannya harus dituruti. Dia juga selalu ingin
menang sendiri. Hal tersebut karena Andi berada pada masa .............
 

A.
egosentris (Correct Answer)

B.
eksplorasi

C.
sosialisasi

D.
kritisasi

84)
Pola asuh yang memberikan kebebasan pada anak untuk mengambil keputusan namun
tetap dalam bimbingan disebut pola asuh ..................
 

A.
otoriter

B.
permisif

C.
demokratis (Correct Answer)

D.
mengalah

85)
Ibu Titi selalu mengalah dan menyerah pada semua keinginan anaknya karena dia
tidak ingin anaknya menangis. Pola asuh yang diterapkan Ibu Titi adalah pola asuh ......
 

A.
otoriter

B.
permisif (Correct Answer)

C.
demokratis

D.
overprotektif

86)
Pendidikan merupakan proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap
dan perilaku yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .........
 

A.
Vygotsky

B.
J. Piaget

C.
Carter V. Good (Correct Answer)

D.
Montesorri

87)
Lembaga PAUD berperan membantu anak dalam penyesuaian diri dengan diri sendiri
dan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut merupakan salah satu fungsi PAUD yaitu fungsi .....
 

A.
sosialisasi (Correct Answer)

B.
adaptasi

C.
pengembangan

D.
regenerasi

88)
Anak dapat mengembangkan seluruh potensinya setelah memasuki lembaga PAUD.
Hal tersebut merupakan salah satu fungsi PAUD, yaitu .............
 

A.
sosialisasi

B.
adaptasi

C.
pengembangan (Correct Answer)

D.
reintervensi

89)
Anak sebaiknya diberikan kesempatan untuk bermain sebanyak-banyaknya sehingga ia
dapat mengeksplorasi lingkungan. Hal itu sesuai dengan fungsi ..................
 

A.
sosialisasi

B.
adaptasi

C.
pengembangan (Correct Answer)

D.
bermain

90)
Kemampuan memahami perasaan orang lain sehingga membuat anak peka terhadap
kebutuhan dan perasaan orang lain adalah salah satu prinsip etika, yaitu ...........
 

A.
empati (Correct Answer)

B.
nurani

C.
kontrol diri

D.
kebaikan

91)
Adanya prinsip things about children and for children only learned from children atau
berpikir tentang anak dan belajar hanya untuk anak, dikemukakan berdasarkan pendekatan ....
 

A.
Montessori

B.
Highscope

C.
Reggia Emilia (Correct Answer)

D.
Creative play

92)
Absorbent Mind (pemikiran yang cepat menyerap) dikemukakan oleh ...........
 

A.
Montessori (Correct Answer)

B.
Rousseau

C.
Reggia Emilia

D.
Pestalozzi

93)
Ahli pendidikan yang beraliran progressivism dan menekankan penyusunan kurikulum
berpusat pada anak dikemukakan oleh ..................
 

A.
Montessori

B.
John Dewey (Correct Answer)

C.
Gardner

D.
Pestalozzi

94)
Prinsip pendidikan bahwa anak belajar melalui pengamatan dan peragaan dikemukakan oleh .....
 

A.
Montessori

B.
Rousseau

C.
Froebel (Correct Answer)

D.
Pestalozzi

95)
Ahli pendidikan yang percaya bahwa pendidikan anak perlu dilakukan sejak dini adalah ......
 

A.
Montessori

B.
Comenius (Correct Answer)

C.
Rousseau

D.
Martin Luther

96)
Otoaktivitas, kebebasan, dan pengamatan merupakan pandangan dasar dari tokoh PAUD
yang bernama ...............
 

A.
Pestalozzi

B.
Montessori

C.
Piaget

D.
Froebel (Correct Answer)

97)
Dasar pemikirannya semula diperuntukkan bagi anak dengan keterbelakangan mental.
Tokoh PAUD dengan pemikiran tersebut adalah .............
 

A.
Howard Gardner

B.
Montessori (Correct Answer)

C.
Jean Piaget

D.
J.J. Rousseau

98)
Usia Taman Kanak-kanak menurut Ki Hajar Dewantoro berada pada rentang usia .........

 


A.
0-6 tahun


B.
0-7 tahun


C.
1-6 tahun


D.
1-7 tahun (Correct Answer)

99)
Pendekatan yang menempatkan anak menjadi satu kelompok dengan rentang usia yang
berbeda adalah ...........
 

A.
High / scope

B.
Bank Street

C.
BCCT

D.
Reggia Emilia (Correct Answer)

100)
Masa anak usia 0-6 tahun disebut masa emas, karena ...................
 

A.
kelahiran anak tidak terlupakan bagi orang tua

B.
seluruh aspek berkembang dengan sangat cepat (Correct Answer)

C.
semua orang cenderung sayang pada anak kecil

D.
anak belum merasakan permasalahan hidup

101)
Perasaan iri dan empati pada anak biasanya berkembang mulai umur ................
 

A.
2 tahun

B.
3 tahun (Correct Answer)

C.
4 tahun

D.
5 tahun

102)
Developmentally Appropriate Practice (DAP) merupakan suatu ..................
 

A.
program

B.
pendekatan (Correct Answer)

C.
kurikulum

D.
metode

103)
DAP mencakup 3 dimensi, yaitu ..................
 

A.
program, kurikulum, dan pendidik

B.
kesesuaian usia, individu dan sosial budaya (Correct Answer)

C.
tradisional, modern dan sosial budaya

D.
hubungan guru, orang tua, dan sesama anak

104)
DAP mulai dikenal dunia pendidikan anak usia dini sejak ....................
 

A.
Tahun 1920

B.
Tahun 1960

C.
Tahun 1980 (Correct Answer)

D.
Tahun 2000

105)
DAP dicetuskan oleh .....................
 

A.
Sue Bredekamp (Correct Answer)

B.
Howard Gardner

C.
Piaget

D.
Vygotsky

106)
Pembelajaran yang mengacu pada DAP memiliki ciri .................
 

A.
sesuai minat dan kebutuhan anak (Correct Answer)

B.
sesuai keinginan guru

C.
memakai metode yang sama

D.
terjadwal dengan ketat

107)
Dalam melaksanakan DAP, bukan landasan yang sangat penting adalah ..................
 

A.
kurikulum sesuai dengan perkembangan anak

B.
membina hubungan antara program dan rumah

C.
interaksi anak dan orang dewasa

D.
anak belajar secara akademis (Correct Answer)

108)
Berikut ini yang bukan prinsip DAP adalah ................
 

A.
pembelajaran aktif

B.
pembelajaran beragam

C.
berpusat pada guru (Correct Answer)

D.
kurikulum terintegrasi

109)
Anak lebih mudah belajar melalui ..................
 

A.
kata-kata

B.
modeling (Correct Answer)

C.
perintah

D.
ancaman

110)
Anak usia 4 tahun memasuki masa .............
 

A.
sensorimotor

B.
praoperasional (Correct Answer)

C.
operasional konkret

D.
operasional formal

111)
Ciri utama DAP adalah pembelajaran .......................
 

A.
berpusat pada guru

B.
dengan lembar kerja

C.
konstruktif (Correct Answer)

D.
klasikal

112)
Program PAUD (0-6 tahun) secara holistis disebut sebagai .................
 

A.
acuan menu pembelajaran PAUD

B.
menu generik (Correct Answer)

C.
kegiatan pembelajaran generik

D.
pendidikan anak usia dini

113)
Anak yang pintar dalam membuat patung, diindikasikan memiliki kecerdasan ........
 

A.
linguistik

B.
seni

C.
spasial (Correct Answer)

D.
kinestetik

114)
Para guru mewakili orang-orang yang memiliki kecerdasan ...................
 

A.
interpersonal (Correct Answer)

B.
intrapersonal

C.
linguistik

D.
logika-matematika

115)
Kohlberg menyatakan bahwa perkembangan moral terjadi dalam tiga tahap.
Pada usia di bawah 6 ahun anak berada pada tahap .............
 

A.
realism

B.
preconventional (Correct Answer)

C.
conventional

D.
postconventional

116)
Dari pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam tingkatan penalaran
prakonvensional adalah .................
 

A.
hukum sebagai alat sosial yang dapat dialami dan dapat pula tidak (Correct Answer)

B.
penalaran moral anak dikendalikan oleh ganjaran dan hukuman

C.
pertimbangan moral didasarkan pada akibat yang bersifat fisik

D.
sesuatu dianggap benar atau baik jika menyenangkan atau menguntungkan dirinya

117)
Perkembangan fisik individu senantiasa berkembang mendekati kepala terlebih dahulu
dan diikuti dengan yang mendekati ekor disebut dengan istilah ............
 

A.
proximodistal

B.
bilateran-cross lateral

C.
umum-khusus

D.
chepalocaudal (Correct Answer)

118)
Seorang anak yang dengan asyiknya main sendiri tanpa memperhatikan teman yang
bermain bersamanya, termasuk karakter sosial anak yang terlihat pada saat bermain,
berada pada tahap ..........
 

A.
cooperative play

B.
associate play

C.
solitary play (Correct Answer)

D.
paralel play

119)
Dapat mengekspresikan rasa senang, pada saat melihat gembar yang terdapat pada
sebuah buku serta dapat menunjuk benda yang dikenalnya, merupakan karakteristik
pengembangan kognitif anak usia ...............
 

A.
0 - 1 tahun

B.
1 - 2 tahun (Correct Answer)

C.
2 - 3 tahun

D.
4 - 5 tahun

120)
Dapat membuat garis mendatar, tegak lurus, dan lingkaran merupakan kemampuan
fisik anak pada usia ......
 

A.
1 - 2 tahun

B.
2 - 3 tahun

C.
3 - 4 tahun (Correct Answer)

D.
5 - 6 tahun

121)
Dalam merencanakan progam, guru perlu memilih tema yang membungkus pembelajaran.
Berikut hal-hal yang tidak benar tentang tema yaitu ...............
 

A.
tema merupakan satu topik pembahasan yang digunakan guru dalam mengembangkan
pembelajaran

B.
tema dipilih berdasarkan hal yang paling dekat dengan anak, kemudian semakin
 menjauh

C.
tema biasanya dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema, yang kemudian dibagi dalam
tema mingguan atau harian

D.
tema dikebangkan sesuai pilihan guru dan penjabarannya ditentukan guru, untuk
mengajarkan anak mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui dan bukan dari
lingkungan anak (Correct Answer)

122)
Proses program harus diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup.
Pengembangan konsep kecakapan hidup didasarkan atas ..........
 

A.
keinginan untuk memiliki kecerdasan dalam segala bidang

B.
kemampuan untuk belajar logika dan analisa sehingga dapat mengetahui hubungan
sebab akibat

C.
pembiasaan-pembiasaan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan
menolong diri sendiri, disiplin, dan sosialisasi serta memperoleh keterampilan dasar
yang berguna untuk kelangsungan hidupnya (Correct Answer)

D.
pengusaan diri agar dapat bergaul dengan semua teman

123)
Tema pada tahun pertama perkembangan bayi yang sering dianggap sebagai kunci
bagi pengembangan sosial-emosional bayi adalah ............
 

A.
rasa percaya (Correct Answer)

B.
rasa inisiatif

C.
rasa mandiri

D.
rasa otonomi

124)
Bayi yang secara kebetulan menghisap jarinya ketika jarinya ditempatkan di dekat mulutnya,
kemudian ia mencarinya lagi untuk diisap untuk kesenangan, termasuk dalam sub tahap ......
 

A.
refleks sederhana

B.
reaksi sirkuler primer (Correct Answer)

C.
reaksi sirkuler sekunder

D.
reaksi sirkuler tersier

125)
Kadang kala kita mengamati bayi mengacak-acak makanannya dengan menggunakan
telapak tangannya dan bukan menjumputnya karena ..............
 

A.
palmer grasping lebih dahulu berkembang daripada princer grasping (Correct Answer)

B.
princer grasping lebih dahulu berkembang dari pada palmer grasping

C.
palmer grasping berkembang bersamaan dengan princer grasping

D.
grasping refleks berkembang bersamaan dengan palmer grasping

126)
Berdasarkan penelitian Anna Freud pada tahapan awal bayi bermain dengan ..............
 

A.
mainan

B.
benda di sekitarnya

C.
anggota tubuh pengasuhnya

D.
anggota tubuhnya (Correct Answer)

127)
Berdasarkan penelitian otak, warna yang paling menyenangkan untuk ruangan bayi adalah .....

 


A.
merah muda


B.
putih


C.
biru langit (Correct Answer)


D.
coklat muda


128)
Ujaran yang memiliki keragaman nada, jeda yang panjang, dan tekanan yang penuh melodi
pada suku kata yang dapat menarik perhatian bayi dinamakan ...................
 

A.
child directed speech

B.
teacher directed speech

C.
parent directed speech

D.
babbling (Correct Answer)

129)
Perilaku tantrum pada masa akhir bayi merupakan bentuk dari perjuangan mempertahankan ....
 

A.
malu

B.
ragu  

C.
bersalah

D.
otonomi (Correct Answer)

130)
Jika lingkungan kaya dengan pengalaman berbahasa, pada ulang tahun keduanya
seyogianya bayi memiliki kosa kata ekspresif sekitar .....................
 

A.
30 kata

B.
50 kata (Correct Answer)

C.
70 kata

D.
90 kata

131)
Dibawah ini adalah keterampilan bayi menggunakn pincer grasping, kecuali ..............
 

A.
menumpuk balok

B.
menjumput biskuit

C.
membalik halaman buku

D.
menendang bola (Correct Answer)

132)
Menurut Anna Freud, perkembangan main pada masa akhir bayi ditandai dengan .................
 

A.
self stimulation of body play

B.
play with toys  

C.
play with other childreen (Correct Answer)

D.
play with rules

133)
Pengertian densitas merujuk kepada ...............
 

A.
jumlah waktu main

B.
seberapa sering kegiatan main dilakukan

C.
intensitas main

D.
ragam main (Correct Answer)

134)
Kegiatan atau pengalaman main untuk anak usia 8 - 18 bulan lebih menekankan pada
bermain .............
 

A.
peran

B.
konstruksi

C.
sensorimotor (Correct Answer)

D.
games

135)
Perilaku anak bermain pura-pura seperti mendengar percakapan di telpon atau memberikan
botol susu kepada bonekanya menandakan perkembangan kognitif anak berada pada tahapan ..
 

A.
sensorimotor

B.
praoprasional (Correct Answer)

C.
oprasional konkret

D.
oprasional formal

136)
Keterbatasan bahasa anak untuk mengungkapkan keinginannya sering kali membuatnya
berprilaku tantrum seperti tindakan berikut, kecuali .........
 

A.
menangis bergulingan di lantai

B.
menarik rambut

C.
berteriak dan memukul

D.
mendatangi kotak pasir dan membuat kue pura-pura (Correct Answer)

137)
Menurut Anna Freud, bila objek transisi seperti boneka teddy bear atau beruang atau selimut
dipeluk dan dibawa anak kemana-mana pada usia awal masa kanak-kanaknya,
berarti anak akan ..
 

A.
tetap berada pada tahap pertama perkembangan main (Correct Answer)

B.
merasa nyaman dan beralih kepada main dengan benda lain

C.
mudah beralih kepada main dengan orang lain

D.
membutuhkan objek transisi terus menerus

138)
Saat orang dewasa mengatakan pada anak bahwa ia tidak mendapatkan kue lalu anak pergi
ke kotak pasirnya dan membuat kue pura-pura, maka melalui kegiatan bermain peran ini
anak mengembangkan kemampuan .............
 

A.
kognitif

B.
fisik

C.
bahasa

D.
sosial-emosional (Correct Answer)

139)
Kemampuan main peran pada masa akhir kanak-kanak makin kompleks yang meliputi
serangkaian adegan. Hal ini menunjukkan semakin kuatnya kemampuan anak untuk
menjaga alur cerita dalam pikiranya. Kemampuan ini terkait pada aspek perkembangan .....
 

A.
kognitif (Correct Answer)

B.
fisik

C.
bahasa

D.
sosial-emosional

140)
Layanan PAUD bersifat holistik dan integratif berarti lembaga PAUD ..............

 


A.
bertanggung jawab atas kesehatan


B.
harus menyediakan makanan gratis


C.
melibatkan orang tua dalam menyediakan makanan sehat (Correct Answer)


D.
harus memiliki tenaga medis


141)

Otak yang berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup (survival) diatur oleh
bagian yang disebut ...........
 

A.
batang otak (brain steem) (Correct Answer)

B.
otak emosi (lymbik)

C.
kortek

D.
sel neuron

142)
Anna menggunakan lipstik bekas lalu berpura-pura mendandani bonekanya agar
tampil cantik karena akan naik pentas. Pada saat itu Anna sedang melakukan main ........
 

A.
peran makro

B.
pembangunan sifat cair

C.
peran mikro (Correct Answer)

D.
pembangunan bahan terstruktur

143)
Permainan di bawah ini yang termasuk bermain sensorimotor tahap 2 adalah ...........
 

A.
memercikkan sebuah mainan ke dalam air (Correct Answer)

B.
memukul air dengan tangan

C.
menuangkan air ke dalam botol lalu mengisi ke gelas-gelas

D.
mengaduk-aduk air dengan sendok supaya gula dalam gelas larut

144)
Main sensorimotor tahap 1 terjadi apabila anak ..............
 

A.
mengulang tindakan dengan menggunakan objek

B.
melakukan suatu kegiatan yang bertujuan  

C.
melakukan uji coba secara fleksibel

D.
mengulang tindakan dengan tubuhnya sendiri (Correct Answer)

145)
Yang dimaksudkan dengan kompetensi pedagogi adalah ..........................
 

A.
wawasan tentang perkembangan anak, konsep dasar PAUD,konsep bermain,
evaluasi perkembangan anak, dan sumber belajar (Correct Answer)

B.
kemampuan menerapkan etika sebagai pendidik anak usia dini

C.
kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosial

D.
kemampuan menerapkan berbagai keterampilan mendidik anak usia dini

Q.146)
Salah satu ciri lembaga PAUD yang responsif dan respektif adalah ..............
 

A.
menyediakan wadah berkumpul bagi orang tua untuk membuat kegiatan selama
menunggu anaknya

B.
mendorong orang tua untuk terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh lembaga
PAUD (Correct Answer)

C.
menghargai dan sensitif terhadap kebutuhan anak dan orang tua

D.
menyiapkan arena bermain yang beragam untuk menarik minat anak dan orang tua
agar menitipkan anaknya di lembaga tersebut

147)
Kaitan antara kurikulum nasional dengan kurikulum lembaga adalah ..........
 

A.
kurikulum lembaga acuan bagi pengembangan kurikulum nasional

B.
kurikulum lembaga setara dengan kurikulum nasional

C.
kurikulum nasional menjadi rujukan pengembangan kurikulum lembaga (Correct Answer)

D.
jika sudah ada kurikulum nasional tidak perlu ada kurikulum lembaga sebab menjadi rancu

148)
Pemimpin yang cenderung menjadikan dirinya sebagai modelling yang harus diikuti oleh
stafnya, termasuk gaya kepemimpinan ...............
 

A.
memerintah (authoritative)

B.
menggabungkan (affiliative)  

C.
memimpin (pacesetting) (Correct Answer)

D.
mengarahkan (coaching)

149)
Pemimpin yang lebih memperhatikan emosi untuk menciptakan kedekatan dengan stafnya
merupakan ciri pemimpin dengan gaya ............
 

A.
memerintah (authoritative)

B.
menggabungkan (affiliative) (Correct Answer)

C.
memimpin (pacesetting)

D.
mengarahkan (coaching)

150)
Seorang pemimpin yang secara genetika memiliki perilaku doer terlihat dari perilakunya yang
cenderung ...........
 

A.
idealisme, orientasi pada ide, tidak realistik, dogmatik, kreatif, imajinatif,konseptual

B.
hangat, sensitif, loyal, impati, introspektif, sentimental, impulsif

C.
tertata, terstruktur, konservatif, objektif, analitis, rasional, kaku, terkontrol,rumit,hati-hati

D.
berorientasi pada hasil, asertif, pragmatif, berpikir cepat, orientasi pada langkah, direktif,
melibatkan diri sendiri (Correct Answer)


Tidak ada komentar: