UJI KOMPETENSI GURU TK/PAUD 100 SOAL (online)
1)
|
Perkembangan motorik adalah
|
|||||||
A.
|
Gerakan yang dilakukan oleh
seluruh tubuh
|
|||||||
B.
|
Perkembangan dari unsur kematangan
dan pengendalian gerakan tubu
|
|||||||
C.
|
Berkembang sejalan dengan
kematangan saraf dan otot (Correct Answer)
|
|||||||
D.
|
Hasil pola interaksi yang kompleks
dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh
yang dikontrol otak
|
|||||||
2)
|
Ada lima pusat kontrol yang
mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian
yang mengatur pergerakkan seluruh
tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
|
|||||||
A.
|
||||||||
B.
|
||||||||
C.
|
||||||||
D.
|
||||||||
3)
|
Karakteristik perkembangan motorik
halus anak usia 4-5 tahun
|
|||||||
A.
|
Menggambar dengan gerakan naik
turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
|
|||||||
B.
|
Menggambar garis lingkaran dan
garis silang (garis tegak dan datar) (Correct Answer)
|
|||||||
C.
|
Menggambar garis lurus
|
|||||||
D.
|
Menggambar coret-coretan
|
4)
|
Karakteristik perkembangan motorik
kasar anak usia 5-6 tahun
|
||||||||||
A.
|
Melompat-lompat dengan kaki
bergantian (Correct Answer)
|
||||||||||
B.
|
Melompat dengan dua kaki sekaligus
di atas bak/ hamparan pasir
|
||||||||||
C.
|
Melompati parit
|
||||||||||
D.
|
Melompat dengan satu kaki
|
||||||||||
5)
|
Salah satu faktor yang
mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
|
|
A.
|
Kematangan dan pengendalian
gerakan tubuh (Correct Answer)
|
|
B.
|
Melibatkan fungsi-fungsi atau
modalitas otak lainnya
|
|
C.
|
Keterampilan dan kemampuan
mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan
tumbuh kembang otak
|
|
D.
|
Sifat dasar genetik termasuk
bentuk tubuh dan kecerdasan
|
6)
|
Perkembangan sosial adalah
|
|
A.
|
Penerimaan sosial yang sesuai
dengan tuntutan kelompok
|
|
B.
|
Perolehan kemajuan berperilaku
yang sesuai dengan tuntutan sosial
|
|
C.
|
Belajar bergaul dengan orang lain
atau anak
|
|
D.
|
Penyesuaian sosial sebagai anggota
kelompok sosial (Correct Answer)
|
7)
|
Proses sosialisasi adalah
|
|
A.
|
Menyesuaikan perilaku dengan
patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
|
|
B.
|
Memainkan peran sosial yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
|
|
C.
|
Belajar berperilaku yang dapat
diterima setiap kelompok sosial (Correct Answer)
|
|
D.
|
Belajar berperilaku yang sesuai
dengan standar perilaku yang diterima
|
8)
|
Bagaimanakah gambaran orang yang
sosial?
|
|
A.
|
Orang yang menginginkan kehadiran
orang lain (Correct Answer)
|
|
B.
|
Orang yang kesepian jika berada
seorang diri di suatu tempat
|
|
C.
|
Orang yang merasa puas semata-mata
karena berada bersama orang lain
|
|
D.
|
Orang yang perilakunya mecerminkan
keberhasilan dalam proses sosialisasi
|
9)
|
Mengapa
keluarga mempunyai peran
penting dalam proses sosialisasi anak?
|
|
A.
|
Keluarga sebagai lingkungan sosial
pertama kali dan anak menerima pendidikan
pertama dan utama (Correct Answer)
|
|
B.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
mendidik anak-anaknya
|
|
C.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
|
|
D.
|
Keluarga merupakan kelompok kecil
yang anggota-anggotanya berinteraksi secara
tatap muka dan relatif tetap
|
10)
|
Gaya pengasuhan yang mendorong
anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan
batas-batas dan pengendalian atas
tindakannya adalah
|
|
A.
|
Pengasuhan permissive-indulgent
|
|
B.
|
Pengasuhan otoritatif (Correct Answer)
|
|
C.
|
Pengasuhan permissive-indefferent
|
|
D.
|
Pengasuhan otoriter
|
11)
|
Emosi menurut Goleman adalah
|
|
A.
|
Perasaan yg ada dalam diri
seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
|
|
B.
|
Berbagai perasaan yang kuat, yakni
benci, takut, marah, senang dan sedih
|
|
C.
|
Sebagai perasaan atau afeksi yang
melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis
dan perilaku yang tidak tampak
|
|
D.
|
Merujuk pada suatu perasaan atau
pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan
psikologis, serta serangkaian
kecenderungan untuk bertindak (Correct Answer)
|
12)
|
Anak-anak menggunakan emosi untuk
menginformasikan orang lain tentang perasaan dan
kebutuhan mereka termasuk dalam
fungsi emosi sebagai
|
|
A.
|
Pengaturan (regulation)
|
|
B.
|
Komunikasi (communication) (Correct
Answer)
|
|
C.
|
Kelangsungan hidup (survival)
|
|
D.
|
Penyesuaian diri (adaptation)
|
13)
|
Faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
|
|
A.
|
Faktor keturunan dan lingkungan
|
|
B.
|
Faktor bawaan dan pendidikan
|
|
C.
|
Faktor kematangan dan belajar
(Correct Answer)
|
|
D.
|
Faktor intelektual dan sosial
|
14)
|
Apabila tuntutan dari luar
berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan
mengalami emosi
|
|
A.
|
Marah (Correct Answer)
|
|
B.
|
Gembira atau senang
|
|
C.
|
Sedih
|
|
D.
|
Takut
|
15)
|
Mampu memuji, memberi semangat,
atau menolong anak lain termasuk tugas
perkembangan emosi anak berusia
|
|
A.
|
5 tahun
|
|
B.
|
5 tahun 6 bulan (Correct Answer)
|
|
C.
|
4 tahun
|
|
D.
|
4 tahun 6 bulan
|
16)
|
Menurut Jean Piaget, anak yang
membangun kemampuan kognitif melalui interaksi
dengan dunia sekitar disebut |
|||||
A.
|
Strukturalisme
|
|||||
B.
|
Konstruktivisme (Correct Answer)
|
|||||
C.
|
Behaviorisme
|
|||||
D.
|
Progressivisme
|
|||||
17)
|
Anak usia taman kanak-kanak berada
pada tahap perkembangan
|
|||||
A.
|
Praoperasional (Correct Answer)
|
|||||
B.
|
Formal operasional
|
|||||
C.
|
Konkrit operasional
|
|||||
D.
|
Sensorimotor
|
|||||
18)
|
Proses penyerapan informasi baru
ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata
(struktur kognitif) anak adalah |
|
A.
|
Ekuilibrium
|
|
B.
|
Akomodasi
|
|
C.
|
Adaptasi
|
|
D.
|
Asimilasi (Correct Answer)
|
19)
|
Anak yang sudah mulai dapat
membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya,
berada dalam rentang usia
|
|
A.
|
4-5 tahun
|
|
B.
|
2-3 tahun
|
|
C.
|
3-4 tahun
|
|
D.
|
5-6 tahun (Correct Answer)
|
20)
|
Pembelajaran yang paling tepat
untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
|
|
A.
|
Mengajar membaca, menulis dan
berhitung (Correct Answer)
|
|
B.
|
Memberi kesempatan pada anak untuk
memperoleh pengalaman langsung dalam
berbagai aktivitas pembelajaran
|
|
C.
|
Memberikan pekerjaan rumah agar
anak dapat belajar di rumah
|
|
D.
|
Memberi pelajaran sebagai
persiapan masuk sekolah dasar
|
21)
|
Bagaimanakah cara anak memperoleh
bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
|
|
A.
|
Mendengarkan orang dewasa
berbicara
|
|
B.
|
Meniru ucapan orang dewasa
|
|
C.
|
Memperhatikan muka orang dewasa
dan menanggapi dengan bahasa
mereka (Correct Answer)
|
|
D.
|
Bermain-main dengan bunyi
(mengoceh)
|
22)
|
Salah satu komponen bahasa yang
menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks
komunikatif adalah
|
|
A.
|
Morfologi
|
|
B.
|
Fonologi
|
|
C.
|
Semantik
|
|
D.
|
Pragmatik (Correct Answer)
|
23)
|
Semantik sebagai salah satu
komponen bahasa adalah
|
|
A.
|
Susunan kata, organisasi kalimat,
dan elemen lain suatu kalimat
|
|
B.
|
Suatu pengertian yang mengacu pada
susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
|
|
C.
|
Suatu sistem aturan yang mengatur
suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau
kombinasi beberapa kata
|
|
D.
|
Berkaitan dengan kaidah yang
membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran,
dan susunan suku kata (Correct
Answer)
|
24)
|
Teori yang menyatakan bahwa semua
anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
|
|
A.
|
Sosiokultural
|
|
B.
|
Genetik (Correct Answer)
|
|
C.
|
Behavioristik
|
|
D.
|
Konstruktivistik
|
25)
|
Yang tidak termasuk dalam
prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice)
yang diterapkan sebagai acuan bagi
pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap
perkembangan anak adalah
|
|
A.
|
Membuat lingkungan yang saling
asuh
|
|
B.
|
Pembelajaran untuk membantu
perkembangan dan belajar anak
|
|
C.
|
Menyusun kurikulum yang sesuai
|
|
D.
|
Memacu perkembangan anak dengan
memberikan pelajaran baca dan menulis
(Correct Answer)
|
26)
|
Yang tidak termasuk kreativitas
adalah
|
|
A.
|
Kemampuan seseorang untuk
menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja
yang pada dasarnya baru, dan
sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
|
|
B.
|
Dapat berupa kegiatan imajinatif
sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya
perangkuman Cara berpikir yang
bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur,
dan linier Cara berpikir yang
bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan
human
|
|
C.
|
Salah satu unsur kreativitas
adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan
mental selain berpikir Mempunyai maksud dan
tujuan yang ditentukan, bukan
fantasi semata
|
|
D.
|
Ditandai oleh banyak (lebih dari
satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi
persoalan Dapat berbentuk produk
seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat
prosedural/metodologis (Correct
Answer)
|
27)
|
Pengembangan kreativitas akan
berhasil jika
|
|
A.
|
Pelaksanaan pembelajaran pada anak
usia dini berorientasi pada pelajaran membaca,
menulis, dan berhitung, maka
fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
|
|
B.
|
Membebani belahan otak kiri pada
anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat
akademis |
|
C.
|
Pembelajaran pada anak usia dini
dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam
mengembangkan kedua belahan otak
(Correct Answer)
|
|
D.
|
Pembelajaran anak usia dini kurang
memberikan kebebasan kepada anak untuk
berekspresi |
28)
|
Yang tidak termasuk dalam
karakteristik kepribadian kreatif adalah
|
|
A.
|
Mempunyai kekuatan energi fisik
yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam
dengan konsentrasi penuh, tetapi
juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
|
|
B.
|
Mempunyai kemampuan untuk melihat
bermacam-macam kemungkinan penyelesaian
terhadap suatu masalah
|
|
C.
|
Sangat bersemangat (passionate)
bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat
objektif dalam penilaian karyanya
|
|
D.
|
Sikap keterbukaan dan sensitivitas
sering membuatnya menderita jika mendapat banyak
kritik dan serangan terhadap hasil
jerih payahnya, namun di saat yang sama juga
merasakan kegembiraan yang luar
biasa (Correct Answer)
|
29)
|
Yang tidak termasuk dalam strategi
empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
|
|
A.
|
Pribadi
|
|
B.
|
Proses
|
|
C.
|
Pendorong
|
|
D.
|
Prosedur (Correct Answer)
|
30)
|
Salah satu kegiatan awal dalam KBM
adalah
|
|
A.
|
Menyanyi
|
|
B.
|
Berdo'a (Correct Answer)
|
|
C.
|
Menggunting
|
|
D.
|
Mewarnai
|
31)
|
Anak usia dini adalah pembelajar
yang aktif, artinya ...............
|
|
A.
|
anak tidak dapat duduk diam dalam
jangka waktu lama
|
|
B.
|
melalui interaksi dengan
pengalamannya sehari-hari, anak terus belajar (Correct Answer)
|
|
C.
|
anak sudah siap untuk belajar
secara formal
|
|
D.
|
pendidik cukup mengawasi keaktifan
anak saat belajar
|
32)
|
Anak usia 3-3,5 tahun sudah mulai
tertib untuk menunggu antrian. Ini merupakan salah satu
karakteristik perkembangannya pada
aspek ..............
|
|
A.
|
kesadaran diri
|
|
B.
|
sosialisasi (Correct Answer)
|
|
C.
|
kognisi
|
|
D.
|
kestabilan emosi
|
33)
|
Pada masa prasekolah, anak
memerlukan suasana yang bersahabat (child friendly environment)
karena ...............
|
|
A.
|
anak akan memasuki dunia selain
keluarga
|
|
B.
|
dunia sekolah adalah dunia sahabat
anak
|
|
C.
|
lingkungan yang bersahabat akan
mengakibatkan anak dapat menyesuaikan diri
dengan lingkungan selain keluarga
(Correct Answer)
|
|
D.
|
masa prasekolah adalah masa yang
paling sulit
|
34)
|
Bagian otak yang mengatur untuk
bertahan hidup dan memproses informasi yang masuk
melalui pancaindra adalah otak
..............
|
|
A.
|
limbik
|
|
B.
|
pikir
|
|
C.
|
lembek
|
|
D.
|
primitif (Correct Answer)
|
35)
|
Sampai dengan usia anak 6 bulan,
ia belum terampil mengontrol gerak tubuhnya, hal ini
disebabkan karena ...............
|
|
A.
|
sel sarafnya masih terlalu sedikit
|
|
B.
|
sel sarafnya belum mencapai
kematangan (Correct Answer)
|
|
C.
|
tidak terjadi komunikasi antar
otak dengan anggota tubuh
|
|
D.
|
belum matangnya fungsi anggota
tubuh anak
|
36)
|
Fungsi utama otak kecil adalah
.............
|
|
A.
|
menjaga keseimbangan tubuh
(Correct Answer)
|
|
B.
|
menyimpan memori
|
|
C.
|
menyampaikan informasi ke panca
indra
|
|
D.
|
menjaga imunitas
|
37)
|
DAP atau Developmentally
Appropriate Practice adalah rekomendasi dari NAEYC
tentang praktik pendidikan anak
usia dini yang harus disesuaikan dengan ................
|
|
A.
|
kurikulum lembaga
|
|
B.
|
perkembangan anak (Correct Answer)
|
|
C.
|
ketersediaan dana
|
|
D.
|
kualifikasi pendidik
|
38)
|
Konsep DAP berdasarkan tiga
dimensi utama kesesuaian di bawah ini, kecuali sesuai dengan ....
|
|
A.
|
usia anak
|
|
B.
|
individu anak
|
|
C.
|
lingkungan sosial
|
|
D.
|
kurikulum nasional (Correct
Answer)
|
39)
|
Menurut DAP, perencanaan kurikulum
yang tepat untuk anak usia dini terutama harus
didasarkan pada, kecuali ........
|
|
A.
|
hasil pengamatan pendidik
|
|
B.
|
catatan perkembangan anak
|
|
C.
|
wawancara dengan orang tua
|
|
D.
|
hasil tes potensi akademik anak
(Correct Answer)
|
40)
|
Sesuai dengan prinsip DAP tentang
interaksi anak dengan pendidik, pendidik perlu
memfasilitasi anak dalam
menyelesaikan tugasnya melalui cara, kecuali ...............
|
|
A.
|
memfokuskan perhatian pada anak
|
|
B.
|
memotivasi anak untuk melakukan
coba ralat
|
|
C.
|
memberikan contoh yang sangat
terperinci untuk ditiru anak (Correct Answer)
|
|
D.
|
memberikan kata-kata semangat
|
41)
|
Jika sistem limbik pada otak
manusia menerima persepsi yang berupa ketakutan, ancaman
atau kesedihan maka bagian otak
yang akan memegang kendali adalah ...............
|
|
A.
|
korteks
|
|
B.
|
otak kanan
|
|
C.
|
batang otak (Correct Answer)
|
|
D.
|
otak kiri
|
42)
|
Bentuk kegiatan yang dapat
dilakukan untuk melatih motorik kasar anak usia 3 tahun
antara lain adalah ...........
|
|
A.
|
naik sepeda roda tiga (Correct
Answer)
|
|
B.
|
mendengarkan puisi diiringi musik
|
|
C.
|
membangun menara dari balok-balok
|
|
D.
|
makan siang bersama
|
43)
|
Dua kemampuan motorik manusia yang
nyata dan tidak tampak saat bayi baru lahir adalah .....
|
|
A.
|
menendang dan menghisap jari
|
|
B.
|
berjalan dan mencengkeram (Correct
Answer)
|
|
C.
|
mengangkat kepala dan
menggoyangkan tangan
|
|
D.
|
menggoyangkan tangan dan jungkir
balik
|
44)
|
Perintah pada kemahiran pada
keterampilan motorik yang memperlihatkan kemajuan dalam
kemampuan untuk menggerakkan
secara sengaja dan tepat, didefinisikan sebagai aktivitas .....
|
|||||
A.
|
kemampuan gerak
|
|||||
B.
|
kinerja motorik
|
|||||
C.
|
keterampilan tubuh
|
|||||
D.
|
gerakan motorik (Correct Answer)
|
|||||
45)
|
Berikut ini beberapa keterampilan
motorik anak usia 3-4 tahun, kecuali ...........
|
|||||
A.
|
merangkak dan merayap lurus ke
depan
|
|||||
B.
|
lari berjingkat dengan satu kaki (Correct
Answer)
|
|||||
C.
|
meremas kertas
|
|||||
D.
|
melompat dengan satu kaki
|
|||||
46)
|
Pertumbuhan fisik-motorik
mempunyai arah yang disebut dengan pola perkembangan,
yang terdiri dari hal berikut ini,
kecuali pertumbuhan dari ..............
|
|
A.
|
kanan ke kiri (Correct Answer)
|
|
B.
|
atas ke bawah
|
|
C.
|
tengah tubuh ke luar
|
|
D.
|
kasar ke halus
|
47)
|
Semua perubahan dalam pertumbuhan
dan perkembangan seorang anak merupakan proses
yang dijalankan secara bersamaan
dan berhubungan dengan perkembangan .............
|
|
A.
|
potensi
|
|
B.
|
kemampuan
|
|
C.
|
belajar
|
|
D.
|
motorik (Correct Answer)
|
48)
|
Pendidik sebaiknya tidak
membandingkan tingkat penguasaan terhadap suatu keterampilan
antara anak yang satu dengan yang
lainnya, hal ini karena setiap anak memiliki perbedaan,
kecuali ...........
|
|
A.
|
pola perkembangan (Correct Answer)
|
|
B.
|
kesiapan belajar
|
|
C.
|
kesempatan belajar
|
|
D.
|
tempo perkembangan
|
49)
|
Cara anak mempelajari keterampilan
motorik yang akan dapat menghasilkan penguasaan
yang lebih baik adalah apabila
anak belajar dengan cara ...............
|
|
A.
|
meniru
|
|
B.
|
pelatihan (Correct Answer)
|
|
C.
|
coba dan ralat
|
|
D.
|
bimbingan teman sebaya
|
50)
|
Salah satu hal yang dapat
dilakukan untuk menghadapi keadaan darurat adalah mencari
tahu tanda-tanda yang mungkin
muncul, tujuannya adalah .............
|
|
A.
|
membuat aturan agar tidak terjadi
keadaan darurat (Correct Answer)
|
|
B.
|
mengetahui dengan segera ketika
hal tersebut muncul)
|
|
C.
|
melindungi anak agar tidak
mengalami kejadian yang dapat menyebabkan keadaan darurat
|
|
D.
|
dapat menangani sendiri keadaan
darurat yang terjadi
|
51)
|
Dasar fungsi hidup yang membantu
suatu organisme beradaptasi dengan lingkungannya
adalah pengertian dari .........
|
|
A.
|
kognitif
|
|
B.
|
inteligensi (Correct Answer)
|
|
C.
|
ZPD
|
|
D.
|
scaffolding
|
52)
|
Menurut Piaget jika anak ingin
mengetahui sesuatu, mereka harus .............
|
|
A.
|
membangun (construct) pengetahuan
tersebut sendiri (Correct Answer)
|
|
B.
|
mendapat bimbingan orang tua
|
|
C.
|
bekerja dalam kelompok kolaboratif
|
|
D.
|
mendapatkan pijakan (scaffolding)
|
53)
|
Yang tidak termasuk dalam skema
kognitif Piaget adalah skema .............
|
|
A.
|
perilaku
|
|
B.
|
simbolik
|
|
C.
|
praoperasional (Correct Answer)
|
|
D.
|
operasional
|
54)
|
Proses penyesuaian kepada tuntutan
lingkungan disebut ..............
|
|
A.
|
adaptasi (Correct Answer)
|
|
B.
|
organisasi
|
|
C.
|
akomodasi
|
|
D.
|
asimilasi
|
55)
|
Piaget meyakini bahwa urutan
tahap-tahap intelektual adalah tetap atau ........
|
|
A.
|
skematis
|
|
B.
|
invariant (Correct Answer)
|
|
C.
|
refleksif
|
|
D.
|
sirkular
|
56)
|
Menurut Lev Vygotsky, kognisi
manusia meskipun seseorang berada dalam isolasi, bersifat ....
|
|
A.
|
eksploratif
|
|
B.
|
eksklusif
|
|
C.
|
sosiokultural (Correct Answer)
|
|
D.
|
inisiatif
|
57)
|
Menurut Vygotsky, beberapa
penemuan penting yang dibuat anak, muncul di dalam konteks ...
|
|
A.
|
eksplorasi
|
|
B.
|
individual
|
|
C.
|
discovery
|
|
D.
|
kolaborasi (Correct Answer)
|
58)
|
Serangkaian tugas yang terlalu
rumit untuk dikuasai sendiri tetapi dapat dikuasai dengan
panduan dan dorongan dari orang
yang lebih ahli, disebut dengan istilah ...........
|
|
A.
|
scaffolding
|
|
B.
|
ZPD (Correct Answer)
|
|
C.
|
cooperation
|
|
D.
|
collaboration
|
59)
|
Berikut ini yang bukan merupakan
implikasi teori Piaget adalah ............
|
|
A.
|
sesuaikan pendidikan dengan
kesiapan anak untuk belajar
|
|
B.
|
sensitiflah terhadap perbedaan
individual
|
|
C.
|
laksanakan pendidikan berdasarkan
penemuan
|
|
D.
|
gunakan pendekatan belajar
kolaboratif (Correct Answer)
|
60)
|
Kurikulum yang dirancang
berdasarkan teori Piaget lebih mementingkan .............
|
|
A.
|
kegiatan kelompok
|
|
B.
|
perbedaan individual (Correct
Answer)
|
|
C.
|
collaborative learning
|
|
D.
|
learning by guidance
|
61)
|
Piaget tidak setuju kepada
pembelajaran yang ...........
|
|
A.
|
memberi kesempatan siswa untuk
melakukan penelitian sendiri
|
|
B.
|
menyediakan pengalaman belajar
yang tidak terlalu sulit
|
|
C.
|
bersifat verbal dan membuat anak
pasif (Correct Answer)
|
|
D.
|
memungkinkan anak membangun
pengetahuan baru
|
62)
|
Pembelajaran yang disarankan
Vygotsky lebih menekankan pada ..............
|
|
A.
|
kegiatan yang disusun untuk
dilaksanakan secara individu
|
|
B.
|
penelitian dan penemuan hal-hal
baru oleh anak
|
|
C.
|
keterlibatan anak yang terbimbing
oleh guru (Correct Answer)
|
|
D.
|
persaingan antar individu yang
memacu prestasi
|
63)
|
Mengonsepkan ciri-ciri benda
dengan menggunakan kategori warna, bentuk atau ukuran,
menggunakan abstraksi ............
|
|
A.
|
sensori motor
|
|
B.
|
kognisi
|
|
C.
|
reflektif
|
|
D.
|
empiris (Correct Answer)
|
64)
|
Kemampuan mengonsep angka
menggunakan abstraksi ..........
|
|
A.
|
sensori motor
|
|
B.
|
kognisi
|
|
C.
|
reflektif (Correct Answer)
|
|
D.
|
empiris
|
65)
|
Pada abstraksi empiris, anak
terpusat pada ............
|
|
A.
|
konsep diri
|
|
B.
|
satu ciri benda (Correct Answer)
|
|
C.
|
simbol-simbol angka
|
|
D.
|
pemikiran yang lebih matang
|
66)
|
Salah satu contoh abstraksi
reflektif adalah konsep ............
|
|
A.
|
matematika (Correct Answer)
|
|
B.
|
warna
|
|
C.
|
ukuran
|
|
D.
|
bentuk segitiga
|
67)
|
Pertama kali bayi mendengar suara,
ia lebih tertarik pada ...............
|
|
A.
|
suara orang dewasa yang ia kenal
(Correct Answer)
|
|
B.
|
suara ibunya daripada suara
ayahnya
|
|
C.
|
kecepatan dan tingkat kekerasan
suara orang dewasa
|
|
D.
|
kelembutan suara yang dapat
menentramkannya
|
68)
|
Toddler mempelajari tentang
bagaimana cerita dibuat dengan cara ...............
|
|
A.
|
berdiskusi dengan orang dewasa
|
|
B.
|
mendengarkan cerita-cerita baru
|
|
C.
|
mendengarkan cerita berulang-ulang
(Correct Answer)
|
|
D.
|
membaca bersama orang dewasa
|
69)
|
Sebelum anak usia TK dapat membaca
tulisan, ia bergantung pada ..............
|
|
A.
|
bantuan orang dewasa
|
|
B.
|
ingatan mengenai cerita dan gambar
(Correct Answer)
|
|
C.
|
bentuk-bentuk huruf vokal
|
|
D.
|
bentuk-bentuk huruf konsonan
|
70)
|
Apabila kita hendak berpartisipasi
dalam permainan pura-pura dengan anak, yang perlu kita
perhatikan adalah
....................
|
|
A.
|
jangan lupa memperkenalkan
tokoh-tokoh
|
|
B.
|
jangan membuat cerita yang terlalu
panjang
|
|
C.
|
jangan mendominasi permainan
(Correct Answer)
|
|
D.
|
jangan membiarkan anak berkreasi
semaunya
|
71)
|
Anak-anak usia 18 bulan sampai 3
tahun berada pada tahapan perkembangan menggambar
yang disebut dengan
.................
|
|
A.
|
pre-schematic stage
|
|
B.
|
scribble (Correct Answer)
|
|
C.
|
schematic stage
|
|
D.
|
schematic scribble
|
72)
|
Berikut ini adalah beberapa
penyajian seni 2 dimensi, kecuali ..............
|
|
A.
|
painting
|
|
B.
|
assemblage (Correct Answer)
|
|
C.
|
cutting
|
|
D.
|
collage
|
73)
|
Anak-anak senang membuat kegaduhan
dan selalu mencoba dengan melakukan manipulasi
terhadap peralatan rumah tangga
untuk membuat berbagai bunyi. Hal tersebut
menggambarkan bahwa anak-anak
memiliki ...............
|
|
A.
|
kemampuan mencipta lagu yang baik
|
|
B.
|
rasa ingin tahu yang besar (Correct
Answer)
|
|
C.
|
keisengan yang tidak terkendali
|
|
D.
|
kecenderungan untuk merusak
benda-benda
|
74)
|
Kegiatan musik akan membantu
anak-anak mengembangkan beberapa aspek, diantaranya
adalah ............
|
|
A.
|
membantu mengelola perasaan anak
(Correct Answer)
|
|
B.
|
menyiapkan masa depan anak
|
|
C.
|
melatih vokal anak agar sempurna
|
|
D.
|
membantu anak menguasai alat musik
|
75)
|
Dalam mengembangkan fisik anak
faktor yang sangat menentukan, antara lain ...........
|
|
A.
|
intervensi
|
|
B.
|
kematangan (Correct Answer)
|
|
C.
|
peralatan
|
|
D.
|
pelatihan
|
76)
|
Pengertian moral adalah
.............
|
|
A.
|
kebiasaan yang dilakukan seseorang
|
|
B.
|
baik buruknya manusia sebagai
manusia (Correct Answer)
|
|
C.
|
akhlak mulia
|
|
D.
|
upaya guru untuk membiasakan anak
didik berperilaku baik
|
77)
|
Kecerdasan moral adalah kecerdasan
anak yang ...............
|
|
A.
|
mengarahkan anak untuk mengontrol
diri dengan kuat
|
|
B.
|
membuat anak ingin berbuat
semaunya sendiri
|
|
C.
|
membuat anak suka belajar
|
|
D.
|
mengarahkan anak untuk menjadi
baik, dan lembut hati (Correct Answer)
|
78)
|
Kesadaran akan benar atau salah
mengacu pada pengertian ............
|
|
A.
|
etika
|
|
B.
|
karakter
|
|
C.
|
nilai
|
|
D.
|
moralitas (Correct Answer)
|
79)
|
Penyusunan SKH untuk TK dalam
rangka pengembangan moral anak perlu mengacu pada ......
|
|
A.
|
acuan dari kepala sekolah
|
|
B.
|
keinginan guru
|
|
C.
|
kurikulum yang telah disusun dalam
SKM (Correct Answer)
|
|
D.
|
kebutuhan anak
|
80)
|
Yang perlu diperhatikan orang tua
saat membantu mengembangkan kemampuan
sosial emosional anak adalah
................
|
|
A.
|
orang tua bertindak sebagai teman
atau menjadi guru
|
|
B.
|
mengizinkan anak untuk merasakan
rangkaian emosi
|
|
C.
|
menjelaskan perasaan yang
dirasakan orang tua di depan anak-anak
|
|
D.
|
mengajak anak berdiskusi dan
mempraktikkan dengan teman-temannya tentang
apa yang dia rasakan (Correct
Answer)
|
81)
|
Serangkaian proses pendidikan yang
dilaksanakan secara terencana untuk mencapai
hasil belajar disebut
................
|
|
A.
|
pola pendidikan terpadu
|
|
B.
|
proses transfer ilmu pengetahuan
|
|
C.
|
rancangan pembelajaran
|
|
D.
|
kegiatan pendidikan (Correct
Answer)
|
82)
|
Masa di mana suatu potensi muncul
dan merupakan saat terbaik untuk mengoptimalkan
potensi tersebut masa
...............
|
|
A.
|
egosentris
|
|
B.
|
peka (Correct Answer)
|
|
C.
|
kritis
|
|
D.
|
eksplorasi
|
83)
|
Andi merasa dia selalu benar dan
semua keinginannya harus dituruti. Dia juga selalu ingin
menang sendiri. Hal tersebut
karena Andi berada pada masa .............
|
|
A.
|
egosentris (Correct Answer)
|
|
B.
|
eksplorasi
|
|
C.
|
sosialisasi
|
|
D.
|
kritisasi
|
84)
|
Pola asuh yang memberikan
kebebasan pada anak untuk mengambil keputusan namun
tetap dalam bimbingan disebut pola
asuh ..................
|
|
A.
|
otoriter
|
|
B.
|
permisif
|
|
C.
|
demokratis (Correct Answer)
|
|
D.
|
mengalah
|
85)
|
Ibu Titi selalu mengalah dan
menyerah pada semua keinginan anaknya karena dia
tidak ingin anaknya menangis. Pola
asuh yang diterapkan Ibu Titi adalah pola asuh ......
|
|
A.
|
otoriter
|
|
B.
|
permisif (Correct Answer)
|
|
C.
|
demokratis
|
|
D.
|
overprotektif
|
86)
|
Pendidikan merupakan proses
perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap
dan perilaku yang berlaku di
masyarakat. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .........
|
|
A.
|
Vygotsky
|
|
B.
|
J. Piaget
|
|
C.
|
Carter V. Good (Correct Answer)
|
|
D.
|
Montesorri
|
87)
|
Lembaga PAUD berperan membantu
anak dalam penyesuaian diri dengan diri sendiri
dan lingkungan sekitarnya. Hal
tersebut merupakan salah satu fungsi PAUD yaitu fungsi .....
|
|
A.
|
sosialisasi (Correct Answer)
|
|
B.
|
adaptasi
|
|
C.
|
pengembangan
|
|
D.
|
regenerasi
|
88)
|
Anak dapat mengembangkan seluruh
potensinya setelah memasuki lembaga PAUD.
Hal tersebut merupakan salah satu
fungsi PAUD, yaitu .............
|
|
A.
|
sosialisasi
|
|
B.
|
adaptasi
|
|
C.
|
pengembangan (Correct Answer)
|
|
D.
|
reintervensi
|
89)
|
Anak sebaiknya diberikan
kesempatan untuk bermain sebanyak-banyaknya sehingga ia
dapat mengeksplorasi lingkungan.
Hal itu sesuai dengan fungsi ..................
|
|
A.
|
sosialisasi
|
|
B.
|
adaptasi
|
|
C.
|
pengembangan (Correct Answer)
|
|
D.
|
bermain
|
90)
|
Kemampuan memahami perasaan orang
lain sehingga membuat anak peka terhadap
kebutuhan dan perasaan orang lain
adalah salah satu prinsip etika, yaitu ...........
|
|
A.
|
empati (Correct Answer)
|
|
B.
|
nurani
|
|
C.
|
kontrol diri
|
|
D.
|
kebaikan
|
91)
|
Adanya prinsip things about
children and for children only learned from children atau
berpikir tentang anak dan belajar
hanya untuk anak, dikemukakan berdasarkan pendekatan ....
|
|
A.
|
Montessori
|
|
B.
|
Highscope
|
|
C.
|
Reggia Emilia (Correct Answer)
|
|
D.
|
Creative play
|
92)
|
Absorbent Mind (pemikiran yang
cepat menyerap) dikemukakan oleh ...........
|
|
A.
|
Montessori (Correct Answer)
|
|
B.
|
Rousseau
|
|
C.
|
Reggia Emilia
|
|
D.
|
Pestalozzi
|
93)
|
Ahli pendidikan yang beraliran
progressivism dan menekankan penyusunan kurikulum
berpusat pada anak dikemukakan
oleh ..................
|
|
A.
|
Montessori
|
|
B.
|
John Dewey (Correct Answer)
|
|
C.
|
Gardner
|
|
D.
|
Pestalozzi
|
94)
|
Prinsip pendidikan bahwa anak
belajar melalui pengamatan dan peragaan dikemukakan oleh .....
|
|
A.
|
Montessori
|
|
B.
|
Rousseau
|
|
C.
|
Froebel (Correct Answer)
|
|
D.
|
Pestalozzi
|
95)
|
Ahli pendidikan yang percaya bahwa
pendidikan anak perlu dilakukan sejak dini adalah ......
|
|
A.
|
Montessori
|
|
B.
|
Comenius (Correct Answer)
|
|
C.
|
Rousseau
|
|
D.
|
Martin Luther
|
96)
|
Otoaktivitas, kebebasan, dan
pengamatan merupakan pandangan dasar dari tokoh PAUD
yang bernama ...............
|
|
A.
|
Pestalozzi
|
|
B.
|
Montessori
|
|
C.
|
Piaget
|
|
D.
|
Froebel (Correct Answer)
|
97)
|
Dasar pemikirannya semula
diperuntukkan bagi anak dengan keterbelakangan mental.
Tokoh PAUD dengan pemikiran
tersebut adalah .............
|
|
A.
|
Howard Gardner
|
|
B.
|
Montessori (Correct Answer)
|
|
C.
|
Jean Piaget
|
|
D.
|
J.J. Rousseau
|
98)
|
Usia Taman Kanak-kanak menurut Ki
Hajar Dewantoro berada pada rentang usia .........
|
|||||
A.
|
0-6 tahun
|
|||||
B.
|
0-7 tahun
|
|||||
C.
|
1-6 tahun
|
|||||
D.
|
1-7 tahun (Correct Answer)
|
|||||
99)
|
Pendekatan yang menempatkan anak
menjadi satu kelompok dengan rentang usia yang
berbeda adalah ...........
|
|||||
A.
|
High / scope
|
|||||
B.
|
Bank Street
|
|||||
C.
|
BCCT
|
|||||
D.
|
Reggia Emilia (Correct Answer)
|
|||||
100)
|
Masa anak usia 0-6 tahun disebut
masa emas, karena ...................
|
|
A.
|
kelahiran anak tidak terlupakan
bagi orang tua
|
|
B.
|
seluruh aspek berkembang dengan
sangat cepat (Correct Answer)
|
|
C.
|
semua orang cenderung sayang pada
anak kecil
|
|
D.
|
anak belum merasakan permasalahan
hidup
|
101)
|
Perasaan iri dan empati pada anak
biasanya berkembang mulai umur ................
|
|
A.
|
2 tahun
|
|
B.
|
3 tahun (Correct Answer)
|
|
C.
|
4 tahun
|
|
D.
|
5 tahun
|
102)
|
Developmentally Appropriate
Practice (DAP) merupakan suatu ..................
|
|
A.
|
program
|
|
B.
|
pendekatan (Correct Answer)
|
|
C.
|
kurikulum
|
|
D.
|
metode
|
103)
|
DAP mencakup 3 dimensi, yaitu
..................
|
|
A.
|
program, kurikulum, dan pendidik
|
|
B.
|
kesesuaian usia, individu dan
sosial budaya (Correct Answer)
|
|
C.
|
tradisional, modern dan sosial
budaya
|
|
D.
|
hubungan guru, orang tua, dan
sesama anak
|
104)
|
DAP mulai dikenal dunia pendidikan
anak usia dini sejak ....................
|
|
A.
|
Tahun 1920
|
|
B.
|
Tahun 1960
|
|
C.
|
Tahun 1980 (Correct Answer)
|
|
D.
|
Tahun 2000
|
105)
|
DAP dicetuskan oleh
.....................
|
|
A.
|
Sue Bredekamp (Correct Answer)
|
|
B.
|
Howard Gardner
|
|
C.
|
Piaget
|
|
D.
|
Vygotsky
|
106)
|
Pembelajaran yang mengacu pada DAP
memiliki ciri .................
|
|
A.
|
sesuai minat dan kebutuhan anak
(Correct Answer)
|
|
B.
|
sesuai keinginan guru
|
|
C.
|
memakai metode yang sama
|
|
D.
|
terjadwal dengan ketat
|
107)
|
Dalam melaksanakan DAP, bukan
landasan yang sangat penting adalah ..................
|
|
A.
|
kurikulum sesuai dengan
perkembangan anak
|
|
B.
|
membina hubungan antara program
dan rumah
|
|
C.
|
interaksi anak dan orang dewasa
|
|
D.
|
anak belajar secara akademis
(Correct Answer)
|
108)
|
Berikut ini yang bukan prinsip DAP
adalah ................
|
|
A.
|
pembelajaran aktif
|
|
B.
|
pembelajaran beragam
|
|
C.
|
berpusat pada guru (Correct
Answer)
|
|
D.
|
kurikulum terintegrasi
|
109)
|
Anak lebih mudah belajar melalui
..................
|
|
A.
|
kata-kata
|
|
B.
|
modeling (Correct Answer)
|
|
C.
|
perintah
|
|
D.
|
ancaman
|
110)
|
Anak usia 4 tahun memasuki masa
.............
|
|
A.
|
sensorimotor
|
|
B.
|
praoperasional (Correct Answer)
|
|
C.
|
operasional konkret
|
|
D.
|
operasional formal
|
111)
|
Ciri utama DAP adalah pembelajaran
.......................
|
|
A.
|
berpusat pada guru
|
|
B.
|
dengan lembar kerja
|
|
C.
|
konstruktif (Correct Answer)
|
|
D.
|
klasikal
|
112)
|
Program PAUD (0-6 tahun) secara
holistis disebut sebagai .................
|
|
A.
|
acuan menu pembelajaran PAUD
|
|
B.
|
menu generik (Correct Answer)
|
|
C.
|
kegiatan pembelajaran generik
|
|
D.
|
pendidikan anak usia dini
|
113)
|
Anak yang pintar dalam membuat
patung, diindikasikan memiliki kecerdasan ........
|
|
A.
|
linguistik
|
|
B.
|
seni
|
|
C.
|
spasial (Correct Answer)
|
|
D.
|
kinestetik
|
114)
|
Para guru mewakili orang-orang
yang memiliki kecerdasan ...................
|
|
A.
|
interpersonal (Correct Answer)
|
|
B.
|
intrapersonal
|
|
C.
|
linguistik
|
|
D.
|
logika-matematika
|
115)
|
Kohlberg menyatakan bahwa
perkembangan moral terjadi dalam tiga tahap.
Pada usia di bawah 6 ahun anak
berada pada tahap .............
|
|
A.
|
realism
|
|
B.
|
preconventional (Correct Answer)
|
|
C.
|
conventional
|
|
D.
|
postconventional
|
116)
|
Dari pernyataan di bawah ini yang
tidak termasuk ke dalam tingkatan penalaran
prakonvensional adalah
.................
|
|
A.
|
hukum sebagai alat sosial yang
dapat dialami dan dapat pula tidak (Correct Answer)
|
|
B.
|
penalaran moral anak dikendalikan
oleh ganjaran dan hukuman
|
|
C.
|
pertimbangan moral didasarkan pada
akibat yang bersifat fisik
|
|
D.
|
sesuatu dianggap benar atau baik
jika menyenangkan atau menguntungkan dirinya
|
117)
|
Perkembangan fisik individu
senantiasa berkembang mendekati kepala terlebih dahulu
dan diikuti dengan yang mendekati
ekor disebut dengan istilah ............
|
|
A.
|
proximodistal
|
|
B.
|
bilateran-cross lateral
|
|
C.
|
umum-khusus
|
|
D.
|
chepalocaudal (Correct Answer)
|
118)
|
Seorang anak yang dengan asyiknya
main sendiri tanpa memperhatikan teman yang
bermain bersamanya, termasuk
karakter sosial anak yang terlihat pada saat bermain,
berada pada tahap ..........
|
|
A.
|
cooperative play
|
|
B.
|
associate play
|
|
C.
|
solitary play (Correct Answer)
|
|
D.
|
paralel play
|
119)
|
Dapat mengekspresikan rasa senang,
pada saat melihat gembar yang terdapat pada
sebuah buku serta dapat menunjuk
benda yang dikenalnya, merupakan karakteristik
pengembangan kognitif anak usia
...............
|
|
A.
|
0 - 1 tahun
|
|
B.
|
1 - 2 tahun (Correct Answer)
|
|
C.
|
2 - 3 tahun
|
|
D.
|
4 - 5 tahun
|
120)
|
Dapat membuat garis mendatar,
tegak lurus, dan lingkaran merupakan kemampuan
fisik anak pada usia ......
|
|
A.
|
1 - 2 tahun
|
|
B.
|
2 - 3 tahun
|
|
C.
|
3 - 4 tahun (Correct Answer)
|
|
D.
|
5 - 6 tahun
|
121)
|
Dalam merencanakan progam, guru
perlu memilih tema yang membungkus pembelajaran.
Berikut hal-hal yang tidak benar
tentang tema yaitu ...............
|
|
A.
|
tema merupakan satu topik
pembahasan yang digunakan guru dalam mengembangkan
pembelajaran
|
|
B.
|
tema dipilih berdasarkan hal yang
paling dekat dengan anak, kemudian semakin
menjauh
|
|
C.
|
tema biasanya dijabarkan lagi
menjadi sub-sub tema, yang kemudian dibagi dalam
tema mingguan atau harian
|
|
D.
|
tema dikebangkan sesuai pilihan
guru dan penjabarannya ditentukan guru, untuk
mengajarkan anak mengenai hal-hal
yang belum mereka ketahui dan bukan dari
lingkungan anak (Correct Answer)
|
122)
|
Proses program harus diarahkan
untuk mengembangkan kecakapan hidup.
Pengembangan konsep kecakapan
hidup didasarkan atas ..........
|
|
A.
|
keinginan untuk memiliki
kecerdasan dalam segala bidang
|
|
B.
|
kemampuan untuk belajar logika dan
analisa sehingga dapat mengetahui hubungan
sebab akibat
|
|
C.
|
pembiasaan-pembiasaan yang
memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan
menolong diri sendiri, disiplin,
dan sosialisasi serta memperoleh keterampilan dasar
yang berguna untuk kelangsungan
hidupnya (Correct Answer)
|
|
D.
|
pengusaan diri agar dapat bergaul
dengan semua teman
|
123)
|
Tema pada tahun pertama
perkembangan bayi yang sering dianggap sebagai kunci
bagi pengembangan sosial-emosional
bayi adalah ............
|
|
A.
|
rasa percaya (Correct Answer)
|
|
B.
|
rasa inisiatif
|
|
C.
|
rasa mandiri
|
|
D.
|
rasa otonomi
|
124)
|
Bayi yang secara kebetulan
menghisap jarinya ketika jarinya ditempatkan di dekat mulutnya,
kemudian ia mencarinya lagi untuk
diisap untuk kesenangan, termasuk dalam sub tahap ......
|
|
A.
|
refleks sederhana
|
|
B.
|
reaksi sirkuler primer (Correct
Answer)
|
|
C.
|
reaksi sirkuler sekunder
|
|
D.
|
reaksi sirkuler tersier
|
125)
|
Kadang kala kita mengamati bayi
mengacak-acak makanannya dengan menggunakan
telapak tangannya dan bukan
menjumputnya karena ..............
|
|
A.
|
palmer grasping lebih dahulu
berkembang daripada princer grasping (Correct Answer)
|
|
B.
|
princer grasping lebih dahulu
berkembang dari pada palmer grasping
|
|
C.
|
palmer grasping berkembang
bersamaan dengan princer grasping
|
|
D.
|
grasping refleks berkembang
bersamaan dengan palmer grasping
|
126)
|
Berdasarkan penelitian Anna Freud
pada tahapan awal bayi bermain dengan ..............
|
|
A.
|
mainan
|
|
B.
|
benda di sekitarnya
|
|
C.
|
anggota tubuh pengasuhnya
|
|
D.
|
anggota tubuhnya (Correct Answer)
|
127)
|
Berdasarkan penelitian otak, warna
yang paling menyenangkan untuk ruangan bayi adalah .....
|
|||||
A.
|
merah muda
|
|||||
B.
|
putih
|
|||||
C.
|
biru langit (Correct Answer)
|
|||||
D.
|
coklat muda
|
|||||
128)
|
Ujaran yang memiliki keragaman
nada, jeda yang panjang, dan tekanan yang penuh melodi
pada suku kata yang dapat menarik
perhatian bayi dinamakan ...................
|
|||||
A.
|
child directed speech
|
|||||
B.
|
teacher directed speech
|
|||||
C.
|
parent directed speech
|
|||||
D.
|
babbling (Correct Answer)
|
|||||
129)
|
Perilaku tantrum pada masa
akhir bayi merupakan bentuk dari perjuangan mempertahankan ....
|
|
A.
|
malu
|
|
B.
|
ragu
|
|
C.
|
bersalah
|
|
D.
|
otonomi (Correct Answer)
|
130)
|
Jika lingkungan kaya dengan
pengalaman berbahasa, pada ulang tahun keduanya
seyogianya bayi memiliki kosa kata
ekspresif sekitar .....................
|
|
A.
|
30 kata
|
|
B.
|
50 kata (Correct Answer)
|
|
C.
|
70 kata
|
|
D.
|
90 kata
|
131)
|
Dibawah ini adalah keterampilan
bayi menggunakn pincer grasping, kecuali ..............
|
|
A.
|
menumpuk balok
|
|
B.
|
menjumput biskuit
|
|
C.
|
membalik halaman buku
|
|
D.
|
menendang bola (Correct Answer)
|
132)
|
Menurut Anna Freud, perkembangan
main pada masa akhir bayi ditandai dengan .................
|
|
A.
|
self stimulation of body play
|
|
B.
|
play with toys
|
|
C.
|
play with other childreen (Correct
Answer)
|
|
D.
|
play with rules
|
133)
|
Pengertian densitas merujuk kepada
...............
|
|
A.
|
jumlah waktu main
|
|
B.
|
seberapa sering kegiatan main
dilakukan
|
|
C.
|
intensitas main
|
|
D.
|
ragam main (Correct Answer)
|
134)
|
Kegiatan atau pengalaman main
untuk anak usia 8 - 18 bulan lebih menekankan pada
bermain .............
|
|
A.
|
peran
|
|
B.
|
konstruksi
|
|
C.
|
sensorimotor (Correct Answer)
|
|
D.
|
games
|
135)
|
Perilaku anak bermain pura-pura
seperti mendengar percakapan di telpon atau memberikan
botol susu kepada bonekanya
menandakan perkembangan kognitif anak berada pada tahapan ..
|
|
A.
|
sensorimotor
|
|
B.
|
praoprasional (Correct Answer)
|
|
C.
|
oprasional konkret
|
|
D.
|
oprasional formal
|
136)
|
Keterbatasan bahasa anak untuk
mengungkapkan keinginannya sering kali membuatnya
berprilaku tantrum seperti
tindakan berikut, kecuali .........
|
|
A.
|
menangis bergulingan di lantai
|
|
B.
|
menarik rambut
|
|
C.
|
berteriak dan memukul
|
|
D.
|
mendatangi kotak pasir dan membuat
kue pura-pura (Correct Answer)
|
137)
|
Menurut Anna Freud, bila objek
transisi seperti boneka teddy bear atau beruang atau selimut
dipeluk dan dibawa anak
kemana-mana pada usia awal masa kanak-kanaknya,
berarti anak akan ..
|
|
A.
|
tetap berada pada tahap pertama
perkembangan main (Correct Answer)
|
|
B.
|
merasa nyaman dan beralih kepada
main dengan benda lain
|
|
C.
|
mudah beralih kepada main dengan
orang lain
|
|
D.
|
membutuhkan objek transisi terus
menerus
|
138)
|
Saat orang dewasa mengatakan pada
anak bahwa ia tidak mendapatkan kue lalu anak pergi
ke kotak pasirnya dan membuat kue
pura-pura, maka melalui kegiatan bermain peran ini
anak mengembangkan kemampuan
.............
|
|
A.
|
kognitif
|
|
B.
|
fisik
|
|
C.
|
bahasa
|
|
D.
|
sosial-emosional (Correct Answer)
|
139)
|
Kemampuan main peran pada masa
akhir kanak-kanak makin kompleks yang meliputi
serangkaian adegan. Hal ini
menunjukkan semakin kuatnya kemampuan anak untuk
menjaga alur cerita dalam
pikiranya. Kemampuan ini terkait pada aspek perkembangan .....
|
|
A.
|
kognitif (Correct Answer)
|
|
B.
|
fisik
|
|
C.
|
bahasa
|
|
D.
|
sosial-emosional
|
140)
|
Layanan PAUD bersifat holistik dan
integratif berarti lembaga PAUD ..............
|
|||||
A.
|
bertanggung jawab atas kesehatan
|
|||||
B.
|
harus menyediakan makanan gratis
|
|||||
C.
|
melibatkan orang tua dalam
menyediakan makanan sehat (Correct Answer)
|
|||||
D.
|
harus memiliki tenaga medis
|
|||||
141)
|
Otak yang berfungsi untuk
mempertahankan kelangsungan hidup (survival) diatur oleh
bagian yang disebut ...........
|
|||||
A.
|
batang otak (brain steem) (Correct
Answer)
|
|||||
B.
|
otak emosi (lymbik)
|
|||||
C.
|
kortek
|
|||||
D.
|
sel neuron
|
|||||
142)
|
Anna menggunakan lipstik bekas
lalu berpura-pura mendandani bonekanya agar
tampil cantik karena akan naik
pentas. Pada saat itu Anna sedang melakukan main ........
|
|
A.
|
peran makro
|
|
B.
|
pembangunan sifat cair
|
|
C.
|
peran mikro (Correct Answer)
|
|
D.
|
pembangunan bahan terstruktur
|
143)
|
Permainan di bawah ini yang
termasuk bermain sensorimotor tahap 2 adalah ...........
|
|
A.
|
memercikkan sebuah mainan ke dalam
air (Correct Answer)
|
|
B.
|
memukul air dengan tangan
|
|
C.
|
menuangkan air ke dalam botol lalu
mengisi ke gelas-gelas
|
|
D.
|
mengaduk-aduk air dengan sendok
supaya gula dalam gelas larut
|
144)
|
Main sensorimotor tahap 1 terjadi
apabila anak ..............
|
|
A.
|
mengulang tindakan dengan
menggunakan objek
|
|
B.
|
melakukan suatu kegiatan yang
bertujuan
|
|
C.
|
melakukan uji coba secara
fleksibel
|
|
D.
|
mengulang tindakan dengan tubuhnya
sendiri (Correct Answer)
|
145)
|
Yang dimaksudkan dengan kompetensi
pedagogi adalah ..........................
|
|
A.
|
wawasan tentang perkembangan anak,
konsep dasar PAUD,konsep bermain,
evaluasi perkembangan anak, dan
sumber belajar (Correct Answer)
|
|
B.
|
kemampuan menerapkan etika sebagai
pendidik anak usia dini
|
|
C.
|
kemampuan berkomunikasi dan
berinteraksi dengan lingkungan sosial
|
|
D.
|
kemampuan menerapkan berbagai
keterampilan mendidik anak usia dini
|
Q.146)
|
Salah satu ciri lembaga PAUD yang
responsif dan respektif adalah ..............
|
|
A.
|
menyediakan wadah berkumpul bagi
orang tua untuk membuat kegiatan selama
menunggu anaknya
|
|
B.
|
mendorong orang tua untuk terlibat
dalam kegiatan yang diadakan oleh lembaga
PAUD (Correct Answer)
|
|
C.
|
menghargai dan sensitif terhadap
kebutuhan anak dan orang tua
|
|
D.
|
menyiapkan arena bermain yang
beragam untuk menarik minat anak dan orang tua
agar menitipkan anaknya di lembaga
tersebut
|
147)
|
Kaitan antara kurikulum nasional
dengan kurikulum lembaga adalah ..........
|
|
A.
|
kurikulum lembaga acuan bagi
pengembangan kurikulum nasional
|
|
B.
|
kurikulum lembaga setara dengan
kurikulum nasional
|
|
C.
|
kurikulum nasional menjadi rujukan
pengembangan kurikulum lembaga (Correct Answer)
|
|
D.
|
jika sudah ada kurikulum nasional
tidak perlu ada kurikulum lembaga sebab menjadi rancu
|
148)
|
Pemimpin yang cenderung menjadikan
dirinya sebagai modelling yang harus diikuti oleh
stafnya, termasuk gaya
kepemimpinan ...............
|
|
A.
|
memerintah (authoritative)
|
|
B.
|
menggabungkan (affiliative)
|
|
C.
|
memimpin (pacesetting) (Correct
Answer)
|
|
D.
|
mengarahkan (coaching)
|
149)
|
Pemimpin yang lebih memperhatikan
emosi untuk menciptakan kedekatan dengan stafnya
merupakan ciri pemimpin dengan
gaya ............
|
|
A.
|
memerintah (authoritative)
|
|
B.
|
menggabungkan (affiliative) (Correct
Answer)
|
|
C.
|
memimpin (pacesetting)
|
|
D.
|
mengarahkan (coaching)
|
150)
|
Seorang pemimpin yang secara
genetika memiliki perilaku doer terlihat dari perilakunya yang
cenderung ...........
|
|
A.
|
idealisme, orientasi pada ide,
tidak realistik, dogmatik, kreatif, imajinatif,konseptual
|
|
B.
|
hangat, sensitif, loyal, impati,
introspektif, sentimental, impulsif
|
|
C.
|
tertata, terstruktur, konservatif,
objektif, analitis, rasional, kaku, terkontrol,rumit,hati-hati
|
|
D.
|
berorientasi pada hasil, asertif,
pragmatif, berpikir cepat, orientasi pada langkah, direktif,
melibatkan diri sendiri (Correct
Answer)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar