Cara bahagia (banyak linknya)

Apakah kamu sering bertanya seperti ini:
“Kok hidupku seperti ini, ya?”, “Duh capek hidup dan kerjaan gini – gini terus…!”, “Ah, jadi si A enak banget ya, punya mobil baru…”, “Kapan ya aku bisa bahagia kaya’ si X?”,  dan keluhan – keluhan lain yang sejenis.
Tapi apa benar dengan mendapat pekerjaan dengan gaji yang lumayan akan menjamin kamu akan bahagia? Apa benar dengan memiliki pacar baru kamu akan bahagia? Apa benar dengan memiliki barang – barang yang yang telah kamu idam – idamkan akan menjamin kamu bahagia?
Sudah, daripada bingung lebih baik kamu baca fakta – fakta tentang apa itu bahagia di bawah ini!

1. Bahagia Itu Menular, Lho…!

Lho?!
Iya kamu engga salah baca kok! Bahagia itu memang menular, makanya jika mau bahagia kamu harus ngedeketin orang yang bahagia, jangan malah deket sama orang – orang yang dirundung galau.
Trus biar bahagianya awet, jadilah penyebar virus bahagia. Mulai sekarang nih ayo tularkan virus bahagia pada orang – orang terdekatmu terlebih dahulu. Eh engga harus orang terdekat dulu juga dink, ayo tularkan virus bahagia pada semua orang!
Caranya gampang: SENYUM AJA..!

2. Bahagia Itu Pilihan


Kadang kita tidak menyadari bahwa bahagia itu pilihan kita sendiri. Contohnya begini nih, pagi hari waktu bangun tidur kamu bisa langsung setting perasaanmu dengan ngucapin maaf ya sedih, tapi hari ini aku milih buat bahagia. Ulangi kalimat 3 kali, atau kalau perlu ini hingga kamu bisa senyum dan bersemangat menyambut pagi.

3. Kamu Kira Uang Bisa Membeli Kebahagian?

Bener uang bisa bikin kamu bahagia?
Siapa sih yang gak bakal girang kalau jadi orang kaya? Banyak orang berpikir semakin banyak uang yang kita miliki, maka semakin bahagia juga diri kita. Pikiran seperti ini nih yang bahaya!
Kenapa? Karena, bisa – bisa segala macam cara digunakan untuk mendapatkan uang ataupun materi. Contoh gampangnya sih ya korupsi gitu deh. Tapi coba lihat apa yang terjadi sama koruptor – koruptor, emang hidup mereka bahagia?
Uang  itu hanyalah salah satu sumber kebahagiaan, inget ya sekali lagi, hanya salah satu sumber kebahagiaan. Jadi jangan terpaku dengan uang atau materi semata. Masih banyak hal lain yang bisa bikin kamu bahagia!

4. Cobalah Untuk Berolah Raga

Olah raga teratur dapat membuatmu merasa bahagia. Menurut riset dari The Mayo Clinic olah raga akan memicu hormon endorphin dalam tubuh sehingga kamu akan merasa bahagia dan bersemangat.
Keuntungan lain dari olah raga?
Buaaanyak! Antara lain nih, badan lebih sehat, jadi engga gampang pikun, nah buat yang overweight bisa sekalian nurunin berat badan.

5. Malas Punya Binatang Peliharaan? Pikir Lagi Deh!

Memelihara binatang bisa membuatmu lebih bahagia, lho!
Memiliki binatang peliharaan bisa menurunkan tingkat stres, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit jantung dan tentu saja akan membuat moodmu lebih baik. Cobain, yuk punya binatang peliharaan. 

6. Mentraktir Dan Berbagilah! Tidak Peduli Dengan Siapa…

Ayo berbagi donk, at least dengan orang – orang terkasih! Bisa suami, istri, hingga papa, mama, kakak, atau adek. Kita pasti juga seneng kan, saat melihat orang – orang terkasih kita tersenyum dan bahagia gara – gara kita.
Bahkan menurut psikolog Abraham Maslow, dengan hal – hal yang kecil seperti berbagi es krim saja, bisa membuatmu merasa grateful to be alive”. Nggak percaya? Coba aja!

7. Tetapkan Tujuan Hidupmu!

Kamu udah tahu tujuan hidup kamu buat apa?
Bisa jadi lho, selama ini kamu galau gara – gara kamu masih bingung tujuan hidup kamu itu apa. Jadi mulai sekarang kamu bisa coba bertanya pada dirimu sendiri apa yang benar – benar ingin kamu lakukan. Dan setelah menemukan apa yang ingin kamu, maka lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin.
Jangan lupa diiringi berdoa, ya!

8. Kamu Tidak Butuh Sukses Untuk Bahagia, Justru Sebaliknya Bahagia Yang Akan Membuatmu Sukses

Jangan lagi terpaku dengan slogan lama yang bilang bahwa orang sukses itu bakal bahagia. Dan menurut penulis buku The How of Happiness, Sonja Lyubomirsky, menuliskan bahwa ternyata kebahagiaan akan membawamu ke gerbang kesuksesan.
“Orang – orang yang bahagia lebih berpeluang untuk sukses. Mereka cenderung sukses dalam karir dan pernikahan mereka, sehat bahkan dapat berumur panjang,” tulisnya.
Masih mau terus – terusan galau, guys…?

9. Bahagia Itu Adalah Kebiasaan!

Bahagia jadi kebiasaan? Emang bisa?
Iya, bisa kok! Lakukan segala hal yang ingin kamu coba dan kamu rasa hal itu akan bisa membuatmu bahagia, entah dengan minum kopi, jalan – jalan pagi, meditasi, jogging, atau bahkan dengan mengucapkan aku bahagia beberapa kali di depan cermin.
Terus lakukan hal – hal ini, dan pada hari ke 30, ucapkan selamat datang untuk kebiasaan bahagia.

10. Bersikap Optimislah! Selalu Ambil Sisi Positif Dari Setiap Keadaan Yang Kamu Alami…

Seburuk apapun keadaannya, cobalah untuk selalu mengambil sisi positif dari semua keadaan tersebut. Dan percaya bahwa kamu bisa melalui masa – masa sulit tersebut. Engga mungkin badai akan ada terus – terusan kan?!

11. Berhentilah Menggosip!

Orang – orang yang suka bergosip adalah kerjaan dari orang – orang negatif yang tidak punya kerjaan lain. Dan orang – orang yang bahagia lebih menyukai pembicaraan yang serius berbobot yang dapat membuat mereka lebih baik lagi. Orang – orang bahagia tidak akan membuang waktu mereka untuk mengurus kehidupan orang lain.
Lagian ngegosip itu gak ada gunanya juga, Sodara – Sodara!

12. Berhentilah Mengejar Kebahagiaan

Pernah kepikiran nggak kalau bahagia itu sebenernya ada di hadapanmu, namun kamu tidak melihatnya karena terlalu sibuk untuk mengejar bayang – bayang kebahagiaan itu sendiri?
Yah, kebahagian itu memang tidak perlu kamu kejar jauh – jauh kok! Bisa jadi kebahagiaan itu datang saat kamu tidak mencari – cari alasan untuk bahagia, lho! Hidup ini penuh dengan kejutan, bukan?!

13. Jangan Bandingkan Hidupmu Dengan Hidup Orang Lain…

Kamu sering iri dengan hidup orang lain?
Udah ah, jangan iri – irian gitu. Selain enggak sehat, enggak ada gunanya, iri dengan kehidupan orang lain akan membuatmu jauh dari perasaan bahagia. Jangan jadikan hidupmu serasa sinetron yang penuh drama dengan ngerasa iri sama kehidupan orang lain! Selooww aja, brow 
Related Article

Tidak ada komentar: