Kisi-kisi, Contoh Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah



STANDAR KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
NO.DIMENSI KOMPETENSIKOMPETENSI
1Kepribadian1.1Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhalak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.
1.2Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
1.3Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasah.
1.4Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
1.5Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/madrasah.
1.6Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.
2Manajerial2.1Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
2.2Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan.
2.3Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara optimal.
2.4Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
2.5Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
2.6Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
2.7Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
2.8Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.
2.9Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaa peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
2.10Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
2.11Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
2.12Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah.
2.13Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.
2.14Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2.15Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
2.16Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.
3Kewirausahaan3.1Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah.
3.2Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
3.3Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
3.4Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
3.5Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.
4Supervisi4.1Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
4.2Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
4.3Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
5Sosial5.1Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah.
5.2Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
5.3Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.

sumber



Tidak ada komentar: