IC 1101, Galaksi terbesar di ruang angkasa

Para astronom telah mengidentifikasi apa yang mereka temukan adalah galaksi terbesar yang pernah diamati, lebih dari 60 kali ukuran Galaksi Bima Sakti (Milkyway). Mereka percaya bahwa massanya yang luar biasa dapat ditemukan petunjuk atas pengelompokan materi di alam semesta/Ruang angkasa.

IC 1101 adalah galaksi super raksasa berbentuk elips (disebut juga supergiant elliptical galaxy) terletak di pusat Gugusan Galaksi Abell 2029. Galaksi Ini jauhnya sekitar 1,07 miliar tahun cahaya di konstelasi Virgo dan diklasifikasikan sebagai kelas cD galaksi. 

Image Wikimedia Commons / Public Domain
Galaksi ini memiliki diameter sekitar 6 juta tahun cahaya, yang membuatnya saat ini (per 2013) dikenal sebagai galaksi terbesar dalam hal luasnya. Pusat cluster (gugusan) besar berisi massa (kebanyakan materi gelap) dan meliputi sekitar 100 triliun bintang. Ini menjadikan besarnya lebih dari 50-60 kali ukuran Galaksi Bima Sakti dan 2000 kali lebih massive.

Galaksi ini ditemukan 19 Juni 1790 oleh William Herschel, meliputi lebih dari 100 triliun bintang menjadikannya obyek yang sangat terang di pusat sekelompok galaksi yang dikenal sebagai Abell 2029.
Jika berada di tempat galaksi kita berada, itu akan menelan Awan Magellanic (Large Magellanic Cloud), Galaksi Andromeda, dan Galaksi Triangulum. IC 1101 menjadi lebih besar ukurannya karena banyak bertabrakan/berpadu dengan galaksi yang jauh lebih kecil seukuran Bima Sakti dan Andromeda.

Para astronom mengatakan kepadatan, luminositas dan kelancaran galaksi besar itu mungkin petunjuk untuk pembentukannya dan sifat materi tak terlihat - materi gelap atau massa yang hilang - yang membuat sebagian dari alam semesta.

Jika teori kosmologi yang berlaku adalah benar, maka hampir 99 persen dari alam semesta belum teramati/belum diketahui karena materi tersebut tidak memancarkan radiasi sama sekali. Ini adalah massa yang hilang yang mungkin memberikan pengenalan gaya gravitasi untuk struktur skala besar, seperti galaksi, kelompok galaksi dan superkluster.

Para astronom juga mengatakan bahwa pemerataan bintang dan materi lain di galaksi dikenali merupakan struktur yang sangat tua. Itu mungkin dibuat pada waktu yang sama sebagai sisa gugusan (Cluster) dan mungkin kunci dalam pembentukannya.

Jika Gugusan Galaksi Abell 2029 adalah contoh yang representatif dari ruang angkasa, hasil ini menunjukkan bahwa 70-90 persen dari massa ruang angkasa terdiri dari materi gelap dingin/partikel misterius yang tersisa dari ruang angkasa, awalnya padat yang berinteraksi satu sama lain sedangkan materi "normal" hanya melalui gravitasi. Materi gelap dingin mendapatkan namanya dari asumsi bahwa partikel materi gelap dingin bergerak perlahan-lahan ketika galaksi dan cluster galaksi mulai terbentuk. Sifat dari partikel-partikel ini masih belum diketahui.

 Video Galaksi Terbesar Di Ruang Angkasa

Tidak ada komentar: